19 June 2010

PERSIAPAN SEBELUM MEDICAL CHECK UP

Pemeriksaan darah

Puasa, Tata Cara Puasa
  1. Puasa dilakukan selama 12 – 14 jam sebelum pemeriksaan laboratorium. ( Cara yang mudah dan sering saya sarankan ke pasien adalah sehari sebelum dilakukan medical check up, jam 20.00-an setelah makan malam kita tidak makan/minum manis . Yang kita lakukan hanya konsumsi air putih "sebanyak-banyaknya" ~ cukup ; Pagi tidak usah sarapan ke laboratorium dan jam 9-10 sudah diambil sampel darah dan kencing )
  2. Selama puasa, Anda tidak diperkenankan makan dan minum kecuali air putih tanpa gula.
  3. Anda diperkenankan atau bahkan dianjurkan minum air putih tanpa gula seperti biasa terutama bila  Anda akan melakukan pemeriksaan urine ( air kencing ) dengan catatan minuman lain seperti teh dan kopi, meskipun tanpa gula, tetap tidak diperkenankan.
  4. Hindari merokok dan makan permen karet karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  5. Jangan berpuasa lebih dari 14 jam.
  6. Jangan berolah raga atau melakukan aktivitas fisik yang berat sejak 12 jam sebelum pengambilan darah.
  7. Bagi penderita Diabetes Melitus, minum obat atau suntik insulin sesuai dengan petunjuk dokter. Informasikan hal ini kepada petugas laboratorium.
  8. Persiapan Pemeriksaan Laboratorium
  9. Datanglah ke laboratorium pada waktu yang telah ditentukan dalam keadaan puasa seperti puasa ketentuan diatas.
  10. Petugas laboratorium akan mengambil darah dari vena lengan Anda dan meminta Anda menampung urine dalam wadah yang disediakan.
 Pemeriksaan Urin
 
Untuk penampungan urin sebaiknya dilakukan pada saat menjelang pemeriksaan. Untuk menampung urin gunakan wadah yang telah disediakan, tampunglah urine minimal setengah dari wadah.
 Cara Penampungan Urin
  1. Cucilah tangan dan alat kelamin sebelum berkemih/kencing.
  2. Buanglah (sedikit) urine (= air kencing) yang keluar pada waktu pertama kali urine keluar/mengalir, setelah itu barulah ditampung dalam wadah yang telah disediakan.
  3. Hentikan penampungan urine sesaat sebelum aliran urine behenti atau dengan kata lain  (sedikit) urine yang keluar sesaat sebelum selesai kencing tidak usah ditampung/ dibuang saja.

Pemeriksaan Rontgen

  1. Peserta harus menanggalkan perhiasan terutama yang terbuat dari logam di seputar bagian leher dan dada (yang akan dirontgen).
  2. Peserta mengenakan pakaian khusus yang telah disediakan.
  3. Untuk peserta wanita yang hamil tidak dilakukan pemeriksaan rontgen.

Persiapan Pemeriksaan EKG
  1.  Sehari sebelum pemeriksaan tidak boleh melakukan olahraga atau kerja berat
  2. Sehari sebelum pemeriksaan tidak minum obat-obatan, kecuali ada perintah khusus dari Dokter.
  3. Tidur cukup semalam sebelum pemeriksaan dilakukan.
  4. Pada hari pemeriksaan sebaiknya tidak merokok, tidak minum kopi.
  5. Peserta tidak dalam keadaan terlalu kenyang atau lapar.
  6. Badan tidak kotor atau penuh minyak.
  7. Peserta tidak mengenakan cincin, gelang, kalung, sabuk berkepala logam, atau bahan logam lainnya di tubuh.
  8. Peserta tidak menyimpan HP  atau jam tangan di saku.
  9. Untuk peserta wanita harus melepaskan kaitan bra dan tidak memakai bahan nilon.
  10. Saat dilakukan pemeriksaan peserta harus dalam keadaan diam dan sesantai mungkin.
Persiapan Pemeriksaan Audiometri

  1. Sebaiknya tidak berada di tempat bising selama 12 jam sebelum dilakukan tes (pemeriksaan)
  2. Peserta harus menanggalkan anting.
  3. Peserta menghentikan konsumsi obat-obatan seperti golongan analgesik/antiinflamasi non steroid, aminoglikosida, bumetanid, asam etrasinat, furosemid, kuinin, eritromisin,, kapreomisin, 4-aminoquinolin, dan minosiklin, serta vankomisin dan salisilat dengan dosis tinggi.
  4. Tes (pemeriksaan) sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum bekerja.
Pemeriksaan Spirometri
Pemeriksaan bermaksud untuk mengetahui fungsi paru dalam mengirup dan menghembuskan paru , sehingga terggambar kondisi paru apakah ada gangguan dalam proses bernapas . Kunci dalam pemeriksaan ini adalah :
  1. Penjelasan pemeriksa kepada pasien harus jelas dan dipahami oleh pasien sehingga pasien benar-benar melakukan permintaan seperti yang di minta oleh pemeriksa. 
  2. Gunakan pakaian termasuk BH yang longgar sehingga tidak menggangu dalam bernapas.Bernapas dengan menggunakan dada  bukan dengan pipi
  3. Dan penghembusan dengan sekuat upaya seperti yang diminta pemeriksa.


153 comments:

  1. Nama Diman Ardiansyah dari Sukabumi.
    Izin bertanya, kalo saya telapak tangan dan kaki sering berkeringat,itu tanda dari penyakit bukan??gimana cara mengobatinya??

    ReplyDelete
  2. Pak diman, telapak tangan berkeringat atau berair dalam istilah medis adalah hyperhidrosis kondisi ini disebabkan oleh hyperaktivitas kelenjar keringat di telapak tangan yang dipengaruhi oleh kondisi hormonal dan bisa juga salah satu gejala penyakit.
    Cara pengobatan sampai saat ini banyak ragamnya namun sedikit yang efektive mulai menggunakan talk , menggunakan tawas , dll.
    Sampai saat ini belum ditemukan pengobatan efektive yang menghilangkan gejala ini, karena penyebabnya yang secara pasti belum di ketahui.
    semoga bisa sedikit membantu

    ReplyDelete
  3. pagi..
    mau tanya kenapa setiap medical check up harus selalu puasa dulu ?
    dan apa akibatnya jika melakukan medical check up tapi tanpa berpuasa terlebih dahulu ?

    ReplyDelete
  4. Beberapa pemeriksaan akan dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi , misalnya pemeriksaan gula darah, urin lengkap sehingga nilai batas normal pada pemeriksaan dibuat berdasarkan kondisi tanpa dipengaruhi makanan dari luar ( puasa )

    Akibatnya ? hasil lab. tidak menggambarkan kondisi sebenarnya atau bisa false positive.

    ReplyDelete
  5. Malam..sblum medical check up..kita dsruh puasa dlu..misalkan sya mkan dlu trus puasa..apakh mempengaruhi untk medical check up..
    Trims

    ReplyDelete
  6. Puasa yang dipersyaratkan kurang lebih 14 jam, jadi misalkan kita akan medical check up pada hari berikutnya , maka setelah makan malam jam 8 malam kita tidak perlu sarapan dulu, cukup air putih . dan kira-kira jam 9-10 kita ke laboratorium utk di ambil sampel darah kita.
    Kalau setelah makan Anda berpuasa selama sekitar waktu di atas berarti tdk mempengaruhi hasil lab.
    Dengan puasa diharapkan kandungan makanan yang terserap dan masuk kedarah tdk mempengaruhi angka hasil lab. misalnya gula darah, cholesterol , asam urat , dan urin lengkap.
    semoga bs membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagai mana kalo kita mengalami mabuk perjalanan di saat kita mau mengalami medical pak karna sebelum berangkat kita tidak sarapan dulu ?
      trus apakah akan berpengaruh ke hasil medical kita

      Delete
  7. saya mau bertanya mengenai konsumsi obat sbeelum MCU.
    gula darah saya tinggi dan oleh dokter disarankan konsumsi obat metformin untuk turut mengendalikan kadar gula darah.
    besok saya akan melakukan medical check up, apakah konsumsi metformin saya hentikan dulu sementara, tepat sebelum waktu puasa (nanti malam), atau saya tetap minum metformin seperti biasa pada pagi hari besok sebelum medical check up.

    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore dok, saya mau tanya kalo saya sudah puasa 12 jam tapi pagi 4 jam sebelum tes gula darah saya minum kopi sedikit ( 4 sendok teh ) hasilnya bisa sangat jauh dari akurat gak dok ?
      terimakasih.

      Delete
    2. Pak Iqbal , kalau kopi pahit tidak banyak berpengaruh pak, tapi kopi manis atau nasgithel ( panas ,legi,kentel ) bisa berpengaruh walaupun tidak banyak.

      Delete
  8. Maaf pak Iqbal baru bisa reply , puasa yang dilakukan memang untuk menjaga agar hasil yang didapatkan benar-benar mengambarkan fungsi tubuh kita, tidak dipengaruhi oleh makanan dari luar. Konsumsi gula sebelum kita melakukan pemeriksaan bisa mempengaruhi hasil kandungan gula dalam darah . Konsumsi gula bisa secara kasar bisa meningkatkan 8-12 g% kadar gula. Namun kenaikan juga dipengaruhi fungsi sel dan kadar insulin dalam tubuh kita.
    semoga bisa membantu.

    ReplyDelete
  9. Pagi Dok....saya mau nanya nich Dok.kemaren saya habis medical check up Dok,trus kata petugas lab saya suruh ngulang darah dengan puasa terlebih dahulu,padahal kemaren juga saya sudah puasa sebelum medical,kira kira apa yang salah ya Dok mohon penjelasannya Dokter....terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pak Top3x sudah berpuasa sesuai ketentuan seperti di atas maka tidak alasan bagi LAb. untuk tidak diperiksa, tapi bisa jadi alasan operasional laboratorium ( reagen habis, petugas tidak ada, dll ) sehingga Bapak diminta kembali lagi untuk berpuasa :)

      Delete
  10. mlm dok ,,mau tanya... apkh pd saat kondisi tubuh ngedrop di priksa itu mempengaruhi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Rudz , kondisi tubuh yang drop akan mempengaruhi hasil , jadi kalau memang tujuan MCU untuk mengetaghui penyakit yang sedang di idap pada saat drop segera periksa agar diketahui segera penyakitnya.
      Kalau MCU untuk melamar pekerjaan , ya hindari periksa pada saat drop atau sakit. Dan jangan berkativitas berlebihan sebelum MCU, serta minum air yang lebih dari cukup.

      Delete
  11. nice info dok..
    saya juga sempat posting tetang medical chek up di blog. tapi nggak selengkap blog ini hehhe..
    main ke blog saya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih pak Dewa , dengan senang hati saya main ke blog Bapak.

      Delete
  12. Dokter, saya akan medical check up di Denpasar untuk keperluan visa.
    Tapi saya tidak diminta berpuasa. Apa ini benar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya minta maaf , banyak pertanyaan yang missed belum saya jawab : Utk anonymous yang mau mengurus visa . Puasa biasa dilakukan untuk mengetahui gangguan/kondisi yang berhub. dengan gangguan metabolik ( khususnya kencing manis ) dan biasanya penyakit kencing manis dan metabolik - degenarative tidak menjadi pengahlang seseorang mendapatkan visa, yang menjadi perhatian adalah pemeriksaan infeksi dan penyakit menular lainya yang tidak dipengaruhi puasa atau tidak puasa.
      jawaban saya semoga bisa membantu.

      Delete
  13. Saya gina, menyambung pertanyaan Bapak yang diatas mengenai hiperhidrosis, adakah hubungannya dengan penyakit jantung?

    karena yang berkembang di masyarakat kita, jika tangan dan kaki sering berkeringat selalu dikaitkan dengan penyakit jantung.

    Mohon penjelasannya. terimakasih

    ReplyDelete
  14. Ms Gina dan pak diman, Memang ada gejala penyakit jantung atau gangguan fungsi jantung yang ditandai dengan gejala berkeringat di telapak kaki dan tangan , tetapi tidak selalu pada orang hiperhydrosis memiliki kelainan jantung .
    Namun ada baiknya untuk penderita hyperhidrosis memeriksakan ke dokter penyakit dalam atau dokter jantung untuk dipastikan ada tidaknya gangguan anatomis atau listrik jantung ( EKG ). Bagi anak dibawah 12 tahun bisa konsultasi ke dokter anak.

    ReplyDelete
  15. Dok Saya mw nanya, apakah infeksi saluran kencing akan mempengaruhi hasil medical checkup?
    terima kasih

    ReplyDelete
  16. Infeksi saluran kencing bisanya tergambar adanya sel darah putih atau bacteri/kuman dalam kencing yang diperiksa. Selama tidak ada kelainan lab lain yang vital terganggu maka tidak ada pengaruh yang berarti maka akan jatuh pada kondisi Fit dengan catatan.
    Infeksi saluran kencing akibat infeksi bisa diobati dengan pemberian antibiotik , dan biasanya tidak memerlukan waktu lama utnk pulih kembali.
    Medical check up sedianya adalah untuk memneriksa kondisi organ vital yang jika terganggu akan berpengaruh pada performance seseorang.

    Dalam hal diterima atau tidak bekerja, kesehatan bukanlah satu-satunya hal yang utama, sealama fungsi organ vital masih dalam batas normal maka secara kesehatan masih bisa di tolelir, kecuali jika ada candidat yang kualifikasi profesional sama , maka akan di pilih yang beetul-betul fit-clear dalam kondisi kesehatan.

    ReplyDelete
  17. apa saat kita ingin Medical Chek Up harus ada pengantar dari dokter??

    ReplyDelete
  18. Medical check up tidak harus menggunakan pengantar dokter , ada beberapa laboratorium yang memberikan pilihan paket pemeriksaan yang pada intinya melakukan pemeriksaan organ-organ penting untuk di evaluasi hasilnya.

    ReplyDelete
  19. saya adin...dokter,,jika saya mempunyai masalah hipertensi,trs saya mau medical cek up harus menggunakan sepeda motor n perjalanan 2jam utk keperluan melamar pekerjaan...
    Tensi bisa naik gag dok?
    Apa saya minum obat dulu sebelum medical cek up agar tensi saya normal?
    Gimana solusi'nya dok utk hipertensi saya??
    Terima kasih

    ReplyDelete
  20. saya adin...dokter,,jika saya mempunyai masalah hipertensi,trs saya mau medical cek up harus menggunakan sepeda motor n perjalanan 2jam utk keperluan melamar pekerjaan...
    Tensi bisa naik gag dok?
    Apa saya minum obat dulu sebelum medical cek up agar tensi saya normal?
    Gimana solusi'nya dok utk hipertensi saya??
    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Tekanan darah dapat naik setelah aktivitas fisik , berjalan cepat bisa meningkatkan tekanan darah 10-20 mmHg , naik sepeda motor termasuk aktivitas fisik ringan , karena tidak memerlukan otot yang berat utk mengayuh . Sehingga berkendara motor tidak banyak mempengaruhi tekanan darah tinggi. Prosedur pre medical check up biasanya peserta check up diberikan waktu istirahat yang cukup sebelum pemeriksaan tekanan darah, jadi itu sebabnya pserta disuruh menunggu di ruang tunggu sekitar 15-20 menit. Obat tekanan darah tinggi yang rutin diminum sah saja diminum sebelum melakukan cek up.

    ReplyDelete
  22. Dokter saya biasanya kerja malam hari, apakah bila melakukan MCU besok hari akan memepengaruhi hasilnya ?? apakah saya harus libur sebelum MCU ? cara puasanya gimana dok .? Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Sistem kerja shift yang sdh berlangsung lama biasanya tdk mempengaruhi MCU. karena siklus bangun-tidur ( biological Clock )-nya sdh beradaptasi dan siklus cortisol ( hormon yang mempengaruhi jam biologi ) telah berubah. JAdi bagi pekerja shift kerja malam sama halnya dgn pekerja siang hari. Asalkan pada malam hari tdk bekerja fisik yang berat tidak mempengaruhi MCU. Cara puasa? tolong dibaca cara puasa di atas.

    ReplyDelete
  24. Pagi dok, saya mau tanya kalau pas mau medical check up tapi ternyata puasa kita kelebihan dari
    14 jam pengaruhnya apa ya? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu pengaruhnya gula darah akan terukhur lebih rendah, dan Urin lengkap akan terpengaruh.

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diah , asma dan brochitis adalah sahabat karib , asma adalah alergy sehingga terdeteksi pada pemeriksaan darah lengkap , dan spirometri ( pemeriksaan fungsi paru ). Cara antisipasi untuk mengurangi jumlah eosinofil darah sebagai salah satu penanda alergy Diah harus bener-benar menghindari makanan atau lingkungan yng memicu alergy Diah , boleh juga minum obat anti alergy.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. dok kalo puasa nya kurang dari waktu yg ditetapkan (10-12 jam) apa pengaruh nya bagi hasil? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu pengaruhnya pemeriksaan gula darah puasa lebih tinggi.

      Delete
  28. Halo dok, saya baru medical check up, pemeriksaan EKG. tapi ketika pemeriksaan saya tidak disuruh melepas jam tangan, dan mengeluarkan HP dari kantong saya. sehingga hasilnya dikatakan tinggi. apakah ini nanti ada pengaruhnya dengan hasil medical check up saya, untuk masuk kerja? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemeriksaa EKG protap-nya melepas semua yang berbahan logam bed,jam tangan, handphone, karena akan mempengaruhi gambaran electric jantung , logam bisa sebagai earthing electric jantung.

      Delete
  29. halo dok kalau MCU itu kesehatan gigi termasuk tidak ??
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gigi termasuk bagian yang diperiksa, namun jenis pemeriksaan yang di minta tergantung perusahaan tsb. Oil and gas sangat ketat dalam pemeriksaan calon karyawan , tetapi karyawan pabrik kecil akan lebih simple.

      Delete
  30. kemarin saya MCU untuk sebuah perusahaan. Tapi,berat badan saya rendah dok, tinggi 158 bb cuma 45. kira2 kalao bb tdk proporsional begitu bisa menyebabkan tidak lolos MCU nggak ya dok?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomendasi kesehatan juga melihat jenis pekerjaan yang akan diampu,misalnya jika pekerjaan lebih ke think-tank postur atletic tdk dipersyaratkan, tetapi pekerjaan yang fisik postur tubuh menjadi syarat.

      Delete
  31. Ass dok saya sarah, sekitar 2mingguan lagi saya akan melakukan medical check up,untuk pembuatan visa kerja. saya orangnya mudah degdegan dok,tangan saya selalu dingin+ gemetaran tubuh kalo mau diperiksa, itu berpengaruh tidak dok sama hasilnya?

    ReplyDelete
  32. Sarah, memang ada beberapa pasien mengalami hal seperti yang kamu rasakan berdebar , takut , tensi naik, hal ini dalam medis disebut "white colar " hypertension , gejala takut gugup berdebar dan tensi naik karena melihat dokter ( orang yang pakai jas putih ..he..) . Hal ini sering diakibatkan karena taruma waktu kecil, pernah di suntik, diinfus. atau di periksa dokter yang sangar :( , Untuk mengatasi hal ini tanamkan dalam diri bahwa dokter bukan orang yang menakutkan , serem atau galak, bayangin dokter adalah cowok ganteng , baik bahkan bisa jadi cowok yang baik he..he.. kayak saya. semoga berhasil ya medical check up nya..

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. dok..
    makan 1 atau 2 jam sebelum medical cek up itu dapat memperbagus hasil tes atau malah memperburuknya dari hasil yg seharusnya yah??

    ReplyDelete
  35. Ardian, Makan sebelum medical check up tdk dianjurkan karena akan memperburuk hasil medical check up, misalnya gula darah , urinalisa dan pemeriksaan kimia darah yang lain , karena di dalam tubuh kita terjadi metabolisme makanan yang mengandung bahan yang mempengaruhi indicator lab. For the best result sih... memang kita baiknya mengikuti persyaratan sebelum medical check up seperti di atas.

    ReplyDelete
  36. Dok saya mau tanya ..ketika disurh puasa untuk MCU pukul 8 pagi saya malah minum susu beruang skitar jam 7 pagi itu pengaruh k MCu saya fatal tidak?trimaksih banyak Dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. ;) Berpengaruh tetapi tidak fatal, Susu beruang , kandungan didalamnya protein, lemak dan tidak mengandung banyak gula, sehingga tidak terlalu banyak mempengaruhi, berpengaruh namun tidak fatal.
      Tetapi memang untuk hasil yang terbaik sesuai kondisi aktual sebaiknya tidak makan - minum masnis / protein tinggi sebelum check kesehatan.

      Delete
  37. Dok, saya mau tanya. malam sebelum medical check up dan pagi harinya saya makan cumi2. anggaplah 2 porsi. apakah itu akan berpengaruh banyak terhadap kadar kolesterol saya?
    Dan tes volume paru itu klo sekitar 2000an (belum dihitung total volume nya) apakah itu menandakan volume paru saya jelek dan kecil?
    Terima kasih, Dok.

    ReplyDelete
  38. dok mau tanya, sblm MCU saya konsumsi promagh (untuk puasa hari pertama) itu pengaruh ga ya ... terima kasih dok..

    ReplyDelete
  39. dok, saya mau tanya. selasa depan saya akan MCU pekerjaan, saya pernah punya riwayat hepatitis A, wkt berumur 15 th, skrg umur saya sudah 27 tahun, dan apakah akan mempengaruhi hasil dr MCU saya? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hepatitis A adalah penyakit menular yang ditularkan secara oral dan kondisinya memang tampak berat karena mata dan badan bisa kuning, tetapi untungnya hepatitis jenis ini dapat sembuh total , tidak seperti hepatitis B/C yang bisa berkembang menjadi kronis bahkan keganasan.
      Jadi hasil MCU semoga baik semua.

      Delete
  40. Salam kenal Dokter
    Saya Siska, besok saya akan MCU tapi konsidi badan saya kurang fit mau flu, dan sedang menstruasi, pengaruhnya pada hasil MCU saya gimana ya Dok?

    ReplyDelete
  41. Salam kenal kembali Ibu Siska, kondisi badan yang tidak fit bisa jadi mempengaruhi hasil , misalkan demam atau flu akibat infeksi virus atau bakteri lain dapat meningkatkan jumlah sel darah puti / Leukosit , dan bisa mempengaruhi hitung jenis sel , apalagi sedang menstruasi akan mempengaruhi hasil pemeriksaan kencing dan sel - inflamasi.

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum wr. wb.
    Dokter saya mau tanya...klo memaparkan tubuh ke sinar matahari pagi selama 1-2 minggu sebelum medical check up apa dapat mempengaruhi hasilnya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paparan sinar matahari yang tidak mengakibatkan luka bakar pada kulit,tdk mempengaruhi hasil medical check up. Terkecuali ada beberapa orang yang alergy sinar matahari sehingga dalam medical check up bis terlihat peningkatan sel-sel alergy seperti eosinofil.

      Delete
  43. Malem dok,,
    dok saya sebenarnya pernah check SGPT, hasilnya nyampe 108, tapi saya konsultasi ke dokter, katanya ini belum fonis liver karena belum ada tanda2 seperti kuning2 dan bengkak di hati.
    jika saya mau lakukan MCU, untuk hasil yang bagus sebelum nya harus gimana dok?
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SGPT adalah salah satu enzym yang dikeluarkan oleh liver yang mengalami gangguan atau kesrusakan, sehingga di jadikan sebagai penanda ganguan liver , namun sayangnya SGPT tidak spesifik karena juga dikeluarkan oleh otot yang mengalami peradangan setelah aktivitas fisik yang berat dan organ tubuh lain, namun tidak salah jika dokter menyampaikan kecurigaan adanya gangguan liver jika SGPT naik. ( 108 termasuk tinggi ).

      Perlu diketahui penyakit liver tidak selalu disebabkan oleh kuman, tetapi juga oleh obat-obatan atau makanan tertentu, dan mata kuning /kulit kuning tidak selalu menyertai gangguan liver.
      Untuk memeriksa itu memang perlu pemeriksaan yang cukup banyak dan mahal .
      Saran saya , lakukan lagi pemeriksaan fungsi liver ( SGOT/SGPT) setelah 3 bulan, dan jangan beraktivitas berat dan minum obat sebelum pemeriksaan. semoga tdk liver anda sehat..

      Delete
  44. Malem dok, saya dalam waktu dekat ini akan melakukan MCU, tapi jadwal haid saya sudah dekat.. Kemungkinan 2 atau 3 hari lagi. Menurut agen visa saya, tidak boleh melakukan MCU pada saat haid, apakah memang begitu? Ada yg menyarankan untuk minum obat penunda haid, apakah itu berpengaruh baik atau buruk nantinya pada hasil MCU saya. Atau adakah solusi lain untuk menunda haid secara aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Reski pada saat haid terjadi proses pelukaan dan radang di rahim sehingga bisa jadi terjadi peningkatan sel-sel radang, kalau menjelang haid saya tidak punya data mengenai peningkatan sel-sel inflamasi , namun demikian biasanya itu tidak berpengaruh besar thd penentuan status kesehatan seseorang.

      Delete
  45. dok mau tanya, kalo sebelum MCU apakah boleh melakukan hubungan seksual?
    apakah ada pengaruhnya?

    ReplyDelete
  46. dok, apakah penyakit tumor bisa menggagalkan hasil medical check up jika akan melamar di perusahaan? penyakit apa saja yang biasanya menggagalkan peserta tes mdical check up untuk perusahaan? trims

    ReplyDelete
  47. mau tanya dok..
    penyakit apa saja yang biasanya menggagalkan peserta tes mdical check up untuk perusahaan? trims :)

    ReplyDelete
  48. Dear .....
    Tugas dan fungsi HRD di bantu dokter perusahaan adalah menyediakan tenaga kerja yang dalam kondisi kompeten dalam bekerja dan dalam kondidi prima, sesuai dengan sifat pekerjaannya.
    Setiap posisi pekerjaan memiliki pertimbangan masing-masing dalam penentuan fit to work atau tidak.
    Semisal utk pekerja lapangan maka postur fisik dan fungsi vital tubuh harus kekar dan kuat , berbeda dengan posisi pekerjaan semisal programer komputer ( IT worker ), badan cungkring dan berkacamata tiak masalah.
    Utk pekerjaan yang tidak berhubungan seni dan warna pasien buta warna bisa fit to work , tetapi utk pekerjaan seni dan warna buta warna sama sekali di tolak...
    Namun secara umum pemeriksaan adalah pemeriksaan fungsi vital tubuh ( jantung, paru , ginjal,liver ) dan mencegah karyawan dg penyakit menular masuk yang berpotensi menularkan penyakit ke karyawan lain.
    Untuk tumor ??
    Tumor ada macam-macam, kalau tidak ganas/kanker dan tidak menggangu pekerjaan biasanya bukan masalah. ( tergantung policy perusahaan ) .

    ReplyDelete
  49. pagi dok, kalau hasil foto thorax nya tertera "specific active dextra" itu artinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies

    1. Proses spesific active dextra , artinya gambaran yang mengarah pada infeksi paru-paru akibat kuman TBC di sebelah kanan dan masih menular .

      Biasanya para dokter sungkan mau menyebut TBC paru, krn anggapan yang salah dimasyarakat ttg TBC yang dianggap sbg penyakit kutukan, penyakit org miskin, turunan padahal itu salah sama sekali.
      TBC Ditemukan oleh Robert Koch, sehingga kadang disebut juga Koch Pulmonum ( KP )Disebut spesifik karena dalam gambaran histopatolgi (PA-nya) khusus,Masih banyak anggapan bahwa TBC adalah penyakit turunan padahal disebabkan oleh Micobacterium tuberculose

      Delete
  50. Dok,,,saya mau tanya,,,,kalau kita sebelum MCU sudah puasa,,terus perjalanan ga boleh makan apapun kecuali minum,,,
    kalau kena masuk angin pengaruh pada MCU ngak dok
    terima kasih.

    ReplyDelete
  51. Bapak Risky , istilah masuk angin dalam dunia medis dalah kondisi lambung yang meproduksi gas dalam jumlah cukup banyak bisa diakibatkan asam lambung, atau makan-makan yang mengandung bahan penghasil gas spt ( kobis/sayur ), dan ini tidak banyak mempengaruhi hasil MCU.

    ReplyDelete
  52. Selamat Pagi Dok
    Saya mau menanyakan, apa dampak rontgen (MCU) terhadap ibu yang sedang menyusui ?

    Terima Kasih - Salam

    ReplyDelete
  53. Sinar X=Xray=Rontgen adalah gelombang radiasi electromagnetic yang bisa menembuskan partikel jaringan tubuh, dalam penggunaan medis sinar ini ditentukan batasan keamanan bagi pasien. Alat yang digunakan harus di kalibrasi berkala di BATAN dan dipastikan sinar yang dipancarkan terukur sesuai penunjukan di alat.
    Dan alat pemancar sinar X harus di operasikan oleh orang memiliki kompetensi sehingga mengetahui batasan dan prosedur.
    Untuk penggunaan foto paru menggunakan jumlah intensitas yang realtif rendah dan aman untuk organ tubuh. Organ tubuh yang paling rentan adalah indung telur dan testis/pelir karena bisa mengakibatkan mutasi jika digunakan berlebihan.
    Secara medis sinar ronsen aman dan bahkan dalam satu hari bisa dilakukan 24 kali ronsen pada orang yang sama.

    ReplyDelete
  54. dok, saya mau nanya..apakah boleh mcu ketika menstruasi???

    ReplyDelete
  55. dok, ambeien pengaruh ga ya ke hasil MCU??
    bagaimana cara menghilangkan ambeien dok selain operasi? (ambeien saya belum parah, kadang ada kadang engga)

    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambeien ada 2 macam , externa dan interna jika interna dengan pemeriksaan biasa tidak kelihatan harus menggunakan alat prochtoscopy... dan ini jarang dilakukan. Obat ambien ssesuai akar penyebab harus di ketahui penyebab dasarnya baru ditentukan obatnya, operasi adalah jalan terakhir dalam terapi ambien, bisa di check di artikel saya dalam blog ini mengenai ambien pak.,

      Delete
  56. Selamat pagi Dok,
    Saya pernah menghisap ganja dalam kurun waktu 1 bulan yang lalu dan minum bir. Apakah pada saat MCU masih ada pengaruhnya dok ? Saya diminta MCU disalah satu perusahaan oil & gas. Jika ada pengaruhnya pada saat MCU, langkah apa yang harus saya lakukan untuk lolos MCU. Terimakasih dok. Mohon reply.

    ReplyDelete
  57. Selamat sore Dok, kalau mau tes asam urat perlu puasa dulu? Kalau iya, puasa berapa jam? Terima kasih

    ReplyDelete
  58. Sore dok,

    mau tanya, sdh 3 hari ini pinggang belakang kiri saya sakit dan perut bagian kiri samping agak besar dibandingkan yg kanan, dan punggung belakang saya sakit seperti tertindih benda berat dan panas. perut depan bagian kiri jika jongkok agak spt tertekan. serta nafas seperti tersangkut di tenggorokan.

    2 hari yg lalu sy sdh cek ke dokter umum, katanya hanya nyeri otot. tp belum sembuh, malah ditambah kesemutan. nah sy ke dokter penyakit dalam lagi, katanya asam lambung dan nyeri otot. saya hanya di ksh obat utk lambungnya dan obat nyeri otot lanjutkan dr dokter umum.

    sebenerya indikasi sakit saya mengarah kemana dok? sy jd bingung mau periksa ke dokter mana, saraf atau penyakit dalam lagi? apakah harus cek lab spt urin dan USG? dan juga Rontgen tulang?

    trims sblumnya.

    ReplyDelete
  59. Dear Hana ,

    Keluhan perut dan pinggang kiri biasanya berhubungan dgn organ di region tersebut, dan suspect yg telah dilakukan dokter umum dan internist tidak salah, beberapa suspect lain adl sbb:
    Dari Luar , nyeri pinggang bs disebabkan karena gangguan neuromuskolo skeletal ( gangguan syaraf,otot atau tulang )
    Bisa juga organ dalam yang mengalami perdangan atau infeksi , organ dalam yang dicurigai infeksi/tumor usus besar , inf. saluran kencing ,inf. atau batu ginjal.
    -Infeksi usus biasanya disertai gangguan pencernaan sulit berak atau mencret.
    -Infeksi sakuran kencing, nyeri tembus pinggang disertai perassaan demam dan mual dan kencing terasa panas/sakit.
    -Batu ginjal saluran kencing sakit hilang timbul dan sakit bukan kepalang,.
    Untuk perempuan , ditambah suspect gangguan organ reproduksi ( kista ovarium , myoma , hamil diluar kandungan , dll )
    Bisa di curigai gangguan lambung juga dirasakan di perut bawah dan pinggang.

    Dan saran , baiknya periksa kembali ke dokter PENYAKIT DALAM Internist. Mungkin nanti direncanakan periksa laboratorium Drah,Kencing dan kalau perlu USG)

    ReplyDelete
  60. Siang dok, Saya ada test MCU untuk penerimaan karyawan, saya mau tanya kalau sedang diare lalu melakukan medical check up apa bermasalah dan berpengaruh terhadap hasil test....? Terima Kasih

    ReplyDelete
  61. Hasil pemeriksaan lab. saat mengalami diare apalagi yang sampai mengarah dehidrasi -kekurangan cairan akan mempengaruhi hasil. jika tujuan utk recruitment sebaiknya sampaikan kepada HRD bahwa saat ini Anda sdg sakit Diare dan minta waktu sampai kondisi anda sudah baik. terehidrasi.

    ReplyDelete
  62. Malam dok, besok pagi saya akan MCU.. berhubung 2 hari ini badan saya lemas, pusing krn darah rendah (tensi 107/70), saya minum obat dr dokter yaitu Mefix 250 Mefenamic acid dan Heptamyl..juga ada minun angkak.. jika sebelum puasa 12jam saya minum obat tsb dan angkak, apa berpengaruh pada hasil MCU ya dok? Thanks jawabannya...

    ReplyDelete
  63. Saya gagal tes kesehatan di salah satu NUMN karena pada saat itu saya sedang darah tinggi kerena stress di teleponin terus sama SPV (kebetulan saya sedang bekerja di perusahaan swasta yg gila bener kerjanya rodi)

    Apakah hanya karena sedang stress seseorang bisa gagal lulus tes kesehatan untuk masuk suatu perusahaan ?
    Hasil cek saya lainnya 100% sehat

    Saya sangat kecewa sekali :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sebelum MCU baiknya kita dalam kondisi optimal fisik dan mental, karena beban fisik dan mental akan mmpengaruhi hasil pemeriksaan. Stress fisik dan mental akan direspon tubuh oleh dikeluarkan hormon dan enzym yang berpengaruh, meningkatkan metabolisme, meningkatkan denyut jantung. Dalam tarif physiologi tubuh memang berpengaruh Namun saya tidak memiliki data apakah stress mempengaruhi secara signifikan,

      Delete
  64. assalamualaikum dok,,,
    oya dok misalkan kita mau mcu bsok kira2 jam 9 ,, trus dr jam 8 malam saya udah ga mkan , tp jam 6 pagi saya sarapan itu pengaruh nya gmna dok ,, apakah lebih baik saya harus puasa sampe mcu slesai bru boleh makan dok,,, bagaimana kalu yg mcu bnyak dan sampe sore apa ngga mmbuat kita malah lemas ga bertenaga dok,,
    ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemeriksaan MCU tidak memerlukan tenaga besar kok, kalau mau optimal dan obyektif hasilnya jadi jangan khawatir tidak bertenaga apalagi kita diperbolehkan minum air .
      Sarapan pagi dulu untuk pemeriksaan sore apakah boleh? boleh tapi tidak dianjurkan apalagi jika menentukan "masa depan "

      Delete
  65. dok,, agus dari bali, saya harus MCU untuk kerja di salah satu hotel ternama, saya hepatitis B, biar nggak terdeteksi saat MCU bagaimana ya dok. dulu sudah pernah berobat sih,, tp takut nya ada lagi,,

    ReplyDelete
  66. Dear pak agus, Memang perusahaan yang comply peraturan biasanya melakukan MCU dengan cukup detil, dan khususnya hotel yang handling people biasanya lebih concern soal penyakit yang berpotensi menular sperti hepatitis, penyakit kulit, kutu rambut, cacing dll.
    Dan salah satunya hepatitis. dan sejauh pengalaman saya yang rutin di lakukan pemeriksaan adalah HbsAg ( mendeteksi virus hepatitis B ) kalau jenis lain biasanya jarang dilakukan secara rutin.
    Lalu gimana caranya agar tidak terdeteksi?? Solusinya di obati dulu penyakitnya. Salah satu pengobatan adalah menggunakan suntikan antivirus ( ribavirin ) dan imunomodulator ( interferon ) , dan karena pengobatan ini memerlukan monitoring maka diperlukan konsultasi dan pengawasan spesialis, syukur-syukur kalau ada konsultan . ( KGEH ).
    Kalau pengobatan berhasil diharapkan sudah tidak terdeteksi virus ( viral load tdk signifikan ). semoga berhasil MCU-nya pak Agus.

    ReplyDelete
  67. Dok saya hariz....mau Tanya bila sebelum tes MCU minum Kopi Manis...apa mempengaruhi tes MCU nya Dok,,,,maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Haris, memang utk hasil optimal di sarankan untuk melakukan puasa makan dan minum air putih yang cukup sebelum MCU. Kopi manis kalau di lihat dari content-nya kopi dan gula, kopi sudah lama dikenal memiliki efek vasokonstrikor atau mempersempit pembulauh darah dan kronotropik atau meningkatkan denyut jantung. sehinga minum kopi bisa berpengaruh pada pemeriksaan EKG, namun seberapa pengaruhnya sangat individuil artinya tiap orang berbeda tergantung kondisi jantung/fisik seseorang.
      Sedangkan Gula, akan berpengaruh pada pemeriksaan gula darah, seberapa besarnya pebgaruh kembali lagi tergantung individu.
      Saran, jika akan melakukan MCU kembali agar melakukan anjuran agar hasil obyektif dan optimal.
      salam MCU

      Delete
  68. mlem dok,saya mau tanya nich dok,kemarin saya kan tes medical,tpi di nyatakan gagal katanya karena ada peningkatan jumlah sel darah putih,itu di sebabkan karena apa ya dok,terus cara untuk penyembuhannya gmn,

    ReplyDelete
  69. Untuk menentukan fit atau unfit seorang dokter pemeriksa kesehatan/dokter perusahaan tentunya tidak hanya menjadikan satu tanda sebagai acuan tetapi dari berbagai penilaian komprehensif mulai dari kondisi pekerjaan yang akan diampu-kondisi fisik-psikis dan laboratorium.
    Bicara soal peningkatan sel darah putih , atau dalam kedokteran dikenal sbg Luekositosis adalah pertanada bahwa dalam tubuh terjadi proses infeksi sehinga tubuh merespon dengan menghasilkan sel darah putih sebagai respon imun/pertahan diri.
    Namun pengingkatan sel darah putih bisa disebabkan penyebab lain diantaranya gangguan proses produksi dalam susmsum tulang atau bisa juga keganasan.
    Untuk mengatsai hal ini jika ini akibat infeksi bakteri bisa dengan mengkonsumsi Antibiotik yang tepat , tentunya hal ini setelah melalui penilaian dokter.
    Jika kelainan oleh sebab yang lain misalnya penyakit darah harus mendapatkan pemeriksaan dari seorang ahli haematology.
    Namun asumsi saya sebagai dokter umum , kemungkinan akibat penyakit infeksi.

    ReplyDelete
  70. dok kmrin sya medicaal audiometri gagal,kta dokter tht syaraf pendengaran'y terkena?,apakah msih bsa di sembuhkan ngga,klo msih bisa di sembuhkan gmn caranya,trimksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketulian secara global di golongan menjadi 3 : Tuli Konduktif , Tuli Neurologic dan Gabungan .
      Tuli Konduktif adalah tuli yang diakibatkan oleh gangguan aliran gelombang suara mulai dari daun telinga sampai telinga dalam. sedangkan tuli neurologik tuli yang diakibatkan oleh ganguan mulai dari saraf pendengaran sampai otak.
      Tuli Neurologik dikatakan bisa sembuh atau tidak tergantung titik hambatanya di mana? dan sudah berlangsung berapa lama.
      Dan Maaf Karena ilmu saya di bidang THT sangatlah minim kalau sudah di Diagnosis Tuli Neurologik/saraf sebaiknya ditindaklanjuti ke dokter THT untuk menentukan terapi selanjutnya dan peluang kesembuhan ( prognosis ).

      Delete
  71. ,Dok...mau minta saran ,saya sekarang krja disebuah Pt ,tpi saya kerja dsini sudah bosan....kebetulan bulan besok Mau MCU ulang..
    .bagaimana cara'nya agar MCU'nya besok tidak lolos....apa saya haruz minum obat...tapi kalo minum obat nanti dkira saya pecandu....apa Ada saran Dok...
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Asep ini kayaknya anti mainstream..he..., ora umum.. krn umumnya org MCU berharap sehat tetapi ini justru ingin kelihatan sakit....
      Mohon maaf pak Asep, sumpah saya sebagai dokter seperti sumpah leluhur kedokteran SOcrates adalah " selalu mengutamakan kesehatan pasien " sehingga saya tidak bisa memberikan anjuran yg membuat MCU anda buruk.
      Saran Saya : Kalau Bapak sudah tidak tahan bekerja di suatu perusahaan sebaiknya secara baik-baik menyampaikan pengunduran diri dan on month notice shg perusahaan bisa melakukan transfer ilmu dari Bpk ke karyawan lain atau memberi waktu perusahaan mencarai karyawan baru. Dengan demikian perush. akan lebih respect ke Bapak.
      Karyawan yang bosan di suatu perusahaan berpotensi sebagai : Dead wood.. alias jadi karyawan tak berguna atau Trouble maker , karena sudah tidak cocok dengan pekerjanya. tentunya Bapak tidak memilih salah satu itu ukan...

      Delete
  72. Terimakasih Pa Dokter, saya ga berniat untuk konsultasi. Cuma berniat untuk mendoakan Pa Dokter, semoga diberikan kesehatan dan rezeki yang cukup, sehingga bisa terus memberikan pelayanan cuma-cuma (pro bono) seperti ini ini kepada masyarakat. InsyaAllah berkah, saya doakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terimakasih Bapak/Ibuk telah mendoakan saya. ... sebuah kebahagian buat saya bila dalam hidup saya bisa memberi manfaat bagi orang lain.
      Dan sebaliknya saya berdoa Bpk/ibu selalu sehat dalam kebaikan, jarang sekali orang sebaik Bpk/Ibu yang sudi meluangkan waktu memberi appresiasi.

      Delete
  73. selamat pagi Pak !!!
    saya sudah pernah test medical ceck-up setahun yang lalu, dan hasilnya kolestrol saya tinggi.. melebihi 200. dalam minggu ini saya akan mengikuti test medical cekuup kembali untuk memasuki salah satu perusahaan BUMN. menurut dokter apa yang harus saya lakukan untuk menjaga kesehatan saya? terimakasih banyak pak dokter.. :)

    ReplyDelete
  74. semangat pagi pak, Cholesterol Total memang angka 200g% kalau hasil kolesterol tinggi pada MCU lalu berarti sbg tindak lanjut ada beberapa langkah bs bisa dijakdikan pilihan :
    1. Diet rendah lemak
    2. Aktifitas fisik , olah raga krn dg olah raga kolesterol akan di simpan sbg lemak dan akan termetabolisme menjadi energy.
    3. Menggunakan obat-obatan.

    Obat-obatan bermacam tergantung profil lemak bapak yang dominan tinggi apa itu yang diobati. Lemak darah ada bermacam-macam a.l. LDL, VLDL,HDL dan trygliceride .
    Obat-obatan yang diberikan oleh dokter akan disesuaikan dengan jenis kolesterolnya , bisa golongan umum yang sering digunakan Simvastatin , gemfibrozil dll.
    Obat paten yang berdasarkan pengalaman memberikan respon terapi baik merk dagang Crestor namun harga mahal.

    ReplyDelete
  75. Pa Dokter, kemarin saya melakukan test kesehatan calon karyawan di bidang lembaga pembiayaan untuk posisi lawyer, diketahui hasil tekanan darah saya masuk kedalam kriteria pra-hipertensi, namun untuk test yang lain kondisinya normal. Saya sedikit khawatir apabila ternyata haltersebut membuat saya gagal lolos test kesehatan yang notabene adalah test terakhir. Pertanyaan saya, apabila Pa Dokter saat ini berada diposisi sebagai wakil perusahaan yang menentukan saya lolos seleksi atau tidak, dengan mempertimbangkan job desk pekerjaan saya nantinya, apakah Pa Dokter akan tetap meloloskan saya, atau meloloskan dengan syarat, atau sama sekali tidak meloloskan saya?

    Saya harap Pa Dokter berkenan menjawab pertanyaan saya secara objektif mutlak dari perspektif Pa Dokter. Jujur saja, kejadian ini menjadi pelajaran berharga untuk saya, yang selalu merasa tubuh saya sehat, untuk hidup lebih sehat lagi. Sebagai keterangan tambahan, tinggi badan saya 182 cm, berat badan saya 81 kg, dan tekanan darah tinggi ini dugaan saya adalah turunan. Saya sendiri sudah menyerahkan sepenuhnya kepada kuasa Allah SWT mengenai hal ini.

    Terakhir, saya bersyukur sekali masih ada dokter seperti Bapak, yang mau melakukan kegiatan seperti ini. Sangat bermanfaat, khususnya bagi saya.

    Semagat, terus berjuang.

    ReplyDelete
  76. Dear Anonymous, Pre hipertensi adalah penggolongan tekanan darah 120-139 utk sistolik dan 80-89 utk diatolik.
    Pre hipertensi kondisi tekanan darah yang perlu di manage agar kedepan tidak berkembang menjadi hipertensi .Management belum memeerlukn obat stetapi cukup dengan pengaturan makanan rendah lemak dan rendah garam ( diet ) dan meningkatkan aktifitas fisik berupa olah raga ringan.
    Memang jika pada saat melamar kerja seperti ini umumnya psikologis org akan yakin mau dan mampu diet / olah raga ... ah kalau diet dan olah raga is peanut..gampang, tetapi prakteknya jika telah diterima bekerja mereka akan malas-malasan atau bahkan berkutat di comfort zone .

    Kalau dilihat dari sisi kedokteran kerja , tekanan pre-hipertensi dengan kondisi kerja yang tdk terbatas waktu penuh dengan stress mental memang beresiko , apalagi jika umur masih muda ( maaf Bpk tidak menyebutkan umur ).
    Sebagai dokter dengan pre-hipertensi sebetulnya "tidak masalah" utk bekerja dengan beban kerja normal sebagai lawyer, namun sejak awal Bapak harus menyadari ada resiko yang harus di manage sejak dini.

    ReplyDelete
  77. dok, saya akan menjalani MCU berupa HBSAG, thorax, darah lengkap dan urine lengkap.
    kira2 apa saja yang harus saya lakukan agar mendapatkan hasil yang baik ??

    ReplyDelete
  78. Ana , tidak ada persiapan khusus lakukan istirahat cukup dan konsumsi air putih minimal 2,5 liter , makan kurangi lemak ,garam, manis ,kacang-kacangan dan lakukan sesuai persiapan sebelum check up seperti di atas. Semoga hasil medical baik dan tidak ada indikasi penyakit.

    ReplyDelete
  79. Mlm dok . Dok saya ingin cek darah tp ada obat sg tidak bisa sy tinggalkan apa boleh sy mengkomsumsi obat sebelum cek darah ?

    ReplyDelete
  80. Obat apa mbak Vivi yang diminum , Obat tertentu mempengaruhi hasil pemeriksaan tp banyak obat yang tdk berpengaruh hasil lab.

    ReplyDelete
  81. SAYA MAU TANYA PAK. besok saya mau MCU tpi saya mempunyai Anemia, persiapan apa saja yang harus dipersiapkan

    ReplyDelete
  82. SAYA MAU TANYA PAK. besok saya mau MCU tpi saya mempunyai Anemia, persiapan apa saja yang harus dipersiapkan, jika saya mengkonsumsi sate kambing agar tensi darah dapat normal, nantinya berpengaruh apa tidak saat MCU

    ReplyDelete
    Replies
    1. ms. Tri Anna sorry for late reply , seblumnya saya ingin membedakan kurang darah dan darah rendah , kurang darah atau yang dlm bahasa medis anemia adalah kondisi sel-sel darah merah kurang merah ( kerena kekurangan hemoglobin ) ditandai kadar Hb rendah dibawah angka normal. Sedangkan tekanan darah rendah adalah kondisi aliran darah didalam darah tidak kencang ditandai pengukuran tekanan darah di lengan rendah ( dibawah normal ).
      Pengobatan anemia harus di sesuaikan dg jenis anemia itu sendiri krn rupanya jenis anemia macam-macam, yang paling sering adalah anemia kekurangan zat besi.
      Nah.., kalau akibat kekurangan zat besi ya harus diberi tambahan zat besi dalam jangka waktu yang lama paling tidak 4 bulan .
      Kalau makan sate kambing ( mengandung zat besi cukup baik ) sehari sebelumnya tdk begitu berdampak pada kondisi hemoglobin (anemia ) . Demikian semoga dapat membantu.

      Delete
  83. Selamat siang pak. Besok saya akan melakukan MCU sbg syarat utk bekerja di sebuah badan hukum. Sepuluh hari sebelumnya saya melakukan wawancara terlebih dahulu. Nah selama menunggu giliran ini saya sangat gugup, gemetar, dan berdebar. Dan selama menunggu pengumuman apakah saya lulus wawancara apa tidak, yaitu sepuluh hari, saya terus berdebar dan kadang terasa sedikit nyeri walaupun nyeri tsb hanya samar-samar. Yang menjadi pertanyaan saya Dok, apakah berdebar yang sering timbul ini akan mempengaruhi hasil MCU saya besok Dok?

    Terima kasih banyak Dok, semoga ilmunya berkah.

    ReplyDelete
  84. Berdebar akibat nervous akan mempengaruhi gambaran EKG , apabila debaran melebehi frek, yang normal dapat mengakibatkan gambaran EKG tachycardia Rhytm. Dan Kondisi ini membuat Dokter curiga ada penyakit penyerta lain.
    Jadi baiknya agar tdk gugup baiknya berserah pada Tuhan stelah kita berusaha dengan sebaiknya.
    Manusia Berusaha sebaik-baiknya Tuhan yang maha perencana.

    Tip, Mohon doa Restu Ibu Anda sebelum melakukan check up, bayangkan dg modal ridho ibunda insya Allah Tuhan memberikan yang terbaik.

    ReplyDelete
  85. dok,kalo 13 jam sblm mcu kita puasa dan paginya sebelum berangkat mcu minum air soda,berpengaruh ngga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berpengaruh namun tidak berpengaruh Banyak kalau kondisi kita secara umum fit.

      Delete
  86. Pak dokter mohon maaf kalau sebelum mcu saya minum obat flu malamnya apakah akan berpengaruh pada hasil mcu paginya

    ReplyDelete
  87. Ms Illa, yang mempengaruhi justru penyakit flu -nya, Flu disebabkan oleh virus dan sedikit banyak akan mempengaruhi pemeriksaan Darah Lengkap,
    Kalau Obat Flu--> sebagian besar mengandung paracetamol dan obat akan dimetabolisme di Hati, maka sedikit /banyak akan mempengaruhi hasil pemeriksaan fungsi liver.

    ReplyDelete
  88. Dok.saya.ingin bertanya
    Saya.tergolong.orang yg gemuk Bb 85kg TB 163kg Krn sering makan tengah malam. Sya bukan perokok,
    Bagaimana kemungkinan sya berhasil Untuk mcu minggu dpn ?
    Mohon d balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa kegemukan saya.berpengaruh trhadap medikal check up nnt dgn bb 85kg Tb 163cm

      Delete
    2. Dear Fach Achira, memang faktor kegemukan dapat menjadi pertimbangan perusahaan dalam rekrut kaaryawan karena dianggap mempunyai faktor resiko penyakit dan selain itu faktor vitalitas dalam bekerja.
      Lantas penyebab kegemukan apa ? pada prinsipnya intake lebih besar dari pada output yang dimakan lebih banyak drpd yang dimetabolisme.
      Penyebab bisa macam-macam dan konsultan gizi akan dapat membveri jawaban yang komprehensif darapada saya , namun mencegah big meal setelah jam 20.00 adalah salah satu cara mengurangi kegemukan, kurangi gula ( nasi /gula/tepung /roti ).
      Gangguan metabolisme dan endokrin dapat juga menjadi penyebab kegemukan.

      Delete
  89. selamat sore dok, saya ada jadwal medical cek up 2 hari lagi. tapi 5 hari yang lalu saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan lutut dan punggung telapak kaki kanan saya lecet (di bawah pergelangan kaki) dan mengharuskan saya mengkonsumsi obat antibiotik dan vitamin (anjuran dari dokter juga). Nah, pertanyaan saya. hal tersebut berpengaruh untuk kadar gula darah, kolesterol, dsb. Dan selain berpuasa mungkin ada tips yang lain agar kondisi tubuh netral (tidak pernah punya riwayat penyakit kronis). terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. stress fisik ( termasuk trauma akibat kecelakaan ) dan non fisik dapat mempengaruhi hasil lab. trauma fisik dapat meningkatkan SGOT/SGPT ( enzym yang digunakan utk mengetahui kondisi liver ) karena enzym yang sama dikeluarkan oleh taruma otot.

      Delete
  90. Dok,hari senin minggu depan nanti saya mau medical check up,tapi dari hari senin sampai selasa kemarin,saya mengkonsumsi ganja,tapi tidak banyak hanya 4 batang dok. Kira2 nanti pada saat hari senin tanggal 10 februari bisa hilang atau normal kembali ga dok ya?
    terima kasih dok sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada baiknya Anda menghindari obat sebelum MCU.

      Delete
    2. Mending ga usah bales dok klo blsnya udh lebih dari 1 bulan.
      telat woi.

      Delete
    3. Maaf pak pak Christanto jika tidak bs respon cepat , memang kadang saya tenggelam dalam aktivitas pekerjaan saya sehingga tdk sempat membalas pertanyaan pengunjung blog saya yang sederhana ini.
      Namun jika hal ini merisaukan Bapak dan perlu jawaban segera sialhkan kunjungi dokter keluarga utk berkonsultasi.
      Bersama ini pula saya sampaikan permohonan maaf pada semua pengunjung blog saya yang ingin jawaban cepat tetapi saya tidak bisa meresponya, namun sewaktu saya sempat akan saya balas.
      Dengan harapan jika ada pengunjung yang memmiliki pertanyaan serupa bisa melihat jawaban saya.

      Delete
  91. Dok saya msh bingung,sabtu nanti saya akan MCU,tp tidak disuruh puasa,sementara kata dokter lbh baik puasa,saya jg lg flu dan batuk,dr kemarin saya takut mengkonsumsi obat krn takut akan mempengaruhi hasil MCU. Jd saya minum air putih,perasan jeruk nipis,wedang jahe,tp tetap tdk sembuuh2,gimana jln yg terbaik dok,,minum obat atau yg alami,atau nanti bilang k petugas MCU klo saya sdg flu,terimakasi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaaf dok mau tanya juga knp saya tdk d suruh puasa,apa ini bukan pemeriksaan lengkap,apa gimana,makasi

      Delete
  92. maaf dok mau nanya..kalau mau medical check up buat tes masuk kerja dan ada bekas jahitan appendiks itu mempengaruhi hasil tidak yah?

    ReplyDelete
  93. Dok saya mau tanya , tadi saya abis medical checkup tapi saya juga lagi haid tapi sudah tidak banyak karna sudah 6hari . Itu apa akan mempengaruhi hasil medical nya ? Dan mata saya juga minus 2 dok saat dites yg keliatan cuma beberapa huruf yg lain nya tidak keliatan . Apa itu juga akan mempengaruhi hasil medicalnya dan menjadi tidak lolos medical ?
    Mohon di jawab dok pertanyaan saya terima kasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk hasil yang terbaik MCU dilakukan pada saat tidak haid karena dapat mempengaruhi hasil lab , dan yang nyata adalah hasil pemeriksaan urin lengkap ( kencing ).
      Mata? beberapa pekerjaan mengharuskan tdk berkaca mata.

      MCU sebelum kerja hasilnya akan di evaluasi oleh dokter perusahaan dan di sesuaikan dengan sifat pekerjaannya.

      Delete
  94. maaf dok mau tanya besok pagi saya medical chek up tp skrng kondisi lg batuk ringan berdahak.
    apakah ngaruh pd hasil medical besok dok???.
    trmksh sblum.ny

    ReplyDelete
  95. Dokter, saya terkena herpes sekitar 2.5 tahun lalu. Apakah virus tersebut akan kelihatan di pre employment MCU yang dapat membuat gagal?

    ReplyDelete
  96. Pagi dok, saya mau tanya, kalau tengah malam sebelum medical checkup saya merokok apakah berpengaruh banyak terhadap hasil MCU ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merokok tengah malam tidak berpengaruh banyak jika MCU dilakukan Siang hari , namun for the best result ,ada baiknya hindari rokok sebelum MCU .

      Delete
  97. Assalamualaikum, dok saya kemarin MCU dan ada pemeriksaan tekanan mata, pertama diberim seperti obat tetes untuk membius mungkin dok, setelah itu dokter mengeluarkan alat dan menekan bola mata saya, setelah itu diberikan obat tetes anti biotik, namun mengapa sampai sekarang bola mata saya masih nyeri ya dok, mohon pencerahan, apakah itu memang biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Aldi , nyeri mata salah satunya disebabkan oleh tekanan bola mata ( tekanan Intra Ocular ) yang meningkat, dan untuk mengatahui tekanan bola mata memang menggunakan alat .
      Kalau dokter Mata yang memeriksa tekanan menyampaikan bahwa tekanan bola mata naik maka sakitnya diakibatkan tekanan yg meningkat. dan bisa diturunkan dg obat2an.
      Tekanan yang meningkat dapat mengakibatkan gangguan mata yang lain. segera konsultasi dg dokter mata jika masih nyeri.

      Delete
  98. Perkenalkan dokter, nama saya Rilya. Saya senin minggu depan akan mengikuti MCU. Sabtu minggu kemarin sya sudah coba tes kolesterol. ternyata hasilnya tinggi diatas 200. Apakah aman jika malam sebelum MCU saya minum obat anti kolesterol agar kolestterol saya tidak tinggi. apakah nanti berpengaruh pada lainnya. Obat yg saya minum actalipid.
    Terimakasih dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan teruskan minum obat kolesterolnya semoga saat MCU sdh turun.

      Delete
  99. hi doc, sy last merokok dan minum teh dalam jam 12 malam,selepas itu baru sy akan berpuasa soalan saya bolehkah saya buat medical check up pd jam 12 tgahari keesokannya utk cukupkan 12 jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak apa...Medical check up bs dilakukan.

      Delete
  100. Salam Doc.sy mahu tanya sekiranya sy ada meminum alkohol dalam 3 hari yg lalu dan sy perlu mengambil medical cheak up hari ke 4 nya,adakah itu akn mempegaruhi result MCU sy?.. Thanks For Information
    Information.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah 3 hari pengaruh alkohol secara langsung thd MCU tdk banyak , namun demikian baiknya hindarkan minum alkohol sebelum melakukan MCU apalagi MCU ini menentukan masa depan Anda, usahakan hidup sehat dalam paling tidak 2 minggu terakhir utk mendapatkan hasil yang obyektif.
      Ada beberapa hal yang mempengaruhi secara langsung dab ada yang tidak langsung, sehingga jika MCU ini penting maka persiapkan sebaiknya.

      Delete
  101. Salam Doc, saya mau tanya doc, akhir tahun kemarin saya melakukan MCU dan ditemukan bahwa jantung saya abnormal (LBBB), dan setelah saya konsultasikan ke dokter jantung, harus dilakukan test kateterisasi jantung, karena secara fisik,katup, tidak ada masalah.
    nah yang saya tanyakan apakah memang benar jika jantung abnormal (LBBB) harus dilakukan kateterisasi jantung mengingat biaya yg cukup mahal ? dan apa yang harus saya lakukan agar jantung saya bisa berfungsi normal kembali ?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear SHF, LBBB left branch bundlle block , didapat dari gambaran aliran listrik di jantung dan disebabkan oleh berbagai sebab salah satunya akibat dari gangguan pembuluh coroner yang cukup luas sehinggga mengakibatkan gangguan fungsi jantung dalam memompa darah.
      LBBB yang berat bisa menyebabkan gangguan tiba-tiba pingsan akibat fungsi jantyung yang terganggu.
      Jika cardiologist menyarankan dilakukan kateterisasi jantung dimaksudkan untuk mengetahui kondisi pembuluh coroner dan tindakan ini memang tergolong mahal.
      Jika SHF merasa kurang yakin tidak ada salahnya utk mencari second opinion atau pendpat dokter jantung lain yang menurut Bapak bisa lebih mudah diajak konsultasi atau lebih berpengalaman atau gampanganya yang praktek di RS ternama.

      Delete
  102. Met siang dok...saya mo tanya kemaren saya cek lab..hb saya 10,1, tapi kalium, klorida dan natriums aya mendekati tinggi... saya bingung dok.. makanan apa yang harus saya hindari dan saya makan...bukannya itu berbanding terbalik...sedangkan kretain saya 8 bln yg ll masih 0,5 sekarang 0,9

    ReplyDelete
  103. selamat malam dok..
    dok saya mau tanya,,kebetulan saya sudah lulus kuliah..dan sekarang sedang gencar2nya ikut test perusahaan..
    yang mau saya tanyakan,,saya mempunyai riwayat tb 2 tahun yang lalu dan berobat rutin secara 9 bulan..
    apakah nanti berpengaruh pada hasil mcu terutama foto thorax..?apakah ada toleransi dari perusahaan yg bersangkutan mengenai riwayat tb?

    ReplyDelete
  104. dok, saya udah puasa dari jam 9 tapi pagi2 saya lupa jadi makan kue 1 potong, terus saya ingat ddan saya minum air hangat banyak banget, kira2 hasilnya gmn y dok.

    ReplyDelete
  105. Dok, saya sudah puasa 12 jam-an tp jam 7 pagi saya makan coklat sedikit karena lupa ada MCU pagi ini, kira-kira efeknya besar ga dengan hasil nantinya. terima kasih

    ReplyDelete
  106. Selamat sore Dok. Saya Ody, seminggu yang lalu saya mengikuti MCU dari perusahaan K*mpas Gr*amedia Printing di RS daerah Salemba, Jakpus.

    Ada beberapa yang ingin saya tanyakan.

    1. Semalam sebelum MCU, saya nendapati tidur malam saya hanya 6 jam, namun sebelumnya saya tidur sore sekitar 2 jam. Apakah itu mempengaruhi hasil tes dan terbilang cukup tidur?

    2. Ketika tes urine, saya mendapati urine saya berwarna kuning karena kurang minum air putih. Namun saya tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol dan tidak menggunakan narkoba, serta tidak meminum obat selama seminggu belakangan, apakah ginjal saya berfungsi dengan baik?

    3. Ketika tes diagnostik, saya tidak dapat membaca tulisan kecil dari jarak jauh karena memang mata saya mengalami minus kurang dari 1. Ketika tes pendengaran, telinga kanan saya tidak dapat mendengar suara dari alat tes di frekuensi paling rendah, namun terdengar jelas di telinga kiri saya. Apakah itu berpengaruh besar pada hasil akhir?

    4. Berapa lama biasanya perusahaan menerima hasil MCU dari RS?

    Mohon penjelasannya Dok. Bagaimana penilaian dokter secara tertulis tentang hasil MCU saya? Karena saya tidak meminum minuman beralkohol, tidak terlibat narkoba, tidak buta warna, tidak memiliki riwayat sakit menular, BB saya 51, TB saya 168.5, tensi darah saya 110/70, dan saya tidak pernah kecelakaan atau mengidap wasir. Terima kasih Dok.

    ReplyDelete