31 March 2009

AUDISI VOCAL , BERUSAHA UNTUK BISA


Minggu lalu Zaza ditunjuk ibu gurunya mewakili TK Restu I untuk penelusuran bakat vokal TK dalam satu rumpun . Penelusuran dan audisi dilaksanakan di TK Restu sendiri. Karena tidak pernah mendapatkan bimbingan vocal maka bundanya mendadak menjadi guru vocal instant. Aku salut juga sama istriku meskipun suara tidak merdu dan tidak pernah kontes menyanyi dia berusaha keras agar Zaza bisa mengikuti audisi ini.
Di pinjamlahdari ibu guru kaset lagu baru yang tidak familiar dengan telinga itu dan akhirnya menjadi sering terdengar di rumah kontrakaanku yang berhimpit di dalam gang-- semoga tetangga tidak terganggu dengan teriakan Zaza berusaha menghafal lagu barunya.
Dua hari latihan menyesuaikan tinggi rendah nada sampai suara Zaza menjadi serak, kasihan juga aku mendengarnya, tapi aku bangga anakku pantang menyerah dan confidence.


Tema lagu adalah bunga teratai..sehingga untuk mendukung penampilan saat tampil bundanya sebisa mungkin menampilkan bunga teratai. Segala upaya dilakukan walaupun akhirnya memungut sekuntum teratai di taman Alun-alun bunder di Kota malang..he..he. dan Bunga kamboja berburu bunga kamboja di makam belakang komplek rumah..hi..iiii.

Saat audisi bunda menyempatkan diri disela-sela beratnya menyiapkan disertasi, dan seperti biasa diantar bunda adalah kebahagiaan tersendiri bagi Zaza, ceria dan minta di foto dengan berbagai pose. Selesai audisi Zaza minta bunda mengirim fotonya yang menurutnya posenya cantik untuk ditampilkan di blog. Hasil audisi diumumkan 2 minggu lagi.

PASAR TERAPUNG YANG NYARIS PUNAH


Dua hari baru menginjakkan kaki di site setelah seminggu day off , aku harus pergi lagi menemani Leonard George Goring, expat yang baru saja gabung dengan perusahaanku untuk medical check up di Prodia Banjarmasin, Bule unik dan asyik...full adventure dan penuh curioucity, mulai dari suka ngemper [istilah warteg] , menelusup ke pasar tradisional, dan menyukai keberagaman budaya.
Di Banjarmasin ia ingin diajak ke tempat exotis, tetapi aku bingung sebab nothing special di Banjarmasin. Yang ku ketahui adalah masyarakat Banjar kental sekali dengan perkampungan di tepi sungai, sehingga terbentuklah budaya sungai. Sesuai saran pemandu Aku ajak ia ke pasar terapung di daerah Kuin, pasar ini ada pada saat pagi subuh, maka jam 5.00 pagi sebelum adzan  subuh kami meluncur ke arah kuin.Di dermaga kecil di depan mesjid Kuno kerajaan Banjar kami mencharter sebuah perahu wisata Rp.110 rebu untuk menuju ke lokasi. Lepas dari dermaga suasana masih gelap yang nampak hanya rumah ditepi sungai Martapura/kampung Kuin utara - selatan-- sebuah kampung tua peninggalan kerajaan Banjar, tampak tepat disebelah dermaga berdiri masjid kuno sultan Banjar yang indah .

Sampai dilokasi pasar terapung masih nampak sepi dan gelap masih menyelimuti muara sungai Martapura di Sungai Barito ( sungai terbesar di Kalimantan ) ,  seiring sang surya merayap naik hari mulai terang sehingga ,kami mulai bisa mengenali jukung [perahu kecil] milik para pedagang,  nampak juga banyak wisatawan  diatas perahu wisata membidikkan kamera untuk mengabadikan pasar yang unik ini.

Namun aku merasa kecewa karena kondisi tidak sesuai harapanku, pasar minggu pagi itu sepi tidak banyak pedagang dan pembeli yang meramaikan pasar terapung . Menurut pemandu kami dulu pasar ini ramai sekali dan menjadi muara kegiatan ekonomi masyarakat tepi sungai, namun sekarang jauh berkurang keramaiannya. Hal ini  disebabkan oleh pindahnya kegiatan ekonomi ke darat. Saat ini telah banyak mall-supermarket yang berdiri menjanjikan kenyamanan berbelanja sehingga budaya pasar terapung mulai menghilang, dan saya yakin budaya sejak ratusan tahun ini  lima tahun yang datang pasti tinggal cerita. Musnahh.....karena hedonisme telah mengalir dalam darah generasi muda Banjarmasin.Pasar terapung tidak lama lagi hanya akan ditemui di lukisan/foto yang mengantung di Meseum . Gilasan roda kapitalis dan budaya baru akan mengikis habis  budaya yang selama ini berusaha keras dipelihara.


Saya berharap budaya-budaya  luhur negeri ini di inventarisir dan  diidentifikasi dengan benar karena lambat laun akan musnah oleh euforia keterbukaan dunia. Tetapi saya juga yakin suatu saat akan digali lagi.. seperti perputaran pendulum setelah menjauh dari tradisi , suatu saat kita akan kembali merindukan tradisi.

JEMBATAN BARITO --- SEDERHANA DAN TAWAR

Setelah mengunjungi pasar terapung kami lanjutkan ke Jembatan terpanjang di Kalimantan Selatan , Jembatan Barito, sebuah suspension bridge yang diresmikan oleh presiden Soeharto yang menjadi satu-satunya akses dari kalsel ke kalteng.


Jembatan bercat kuning tampak megah namun sayang terkesan apa adanya,  sederhana tidak ada sentuhan seni tradisional yang sebetulnya bisa ditonjolkan untuk menjadi daya tarik dan upaya monumentasi budaya setempat. Ukiran khas kalimantan - patung kalimantan seharusnya bisa menghiasi pagar jembatan ini, tetapi yang kutemui hanya pagar besi sederhana.Hehhhh...

SARAN WISATA

Pemerintah dalam menmbangun bangunan monumental seharusnya menonjolkan budaya luhur setempat dan dipadu dengan teknologi. Tanpa monumentasi budaya daerah akan musnah tergilas budaya global. Mau.....????

26 March 2009

MBTI , EXTROVERT-INTROVERT


( Kutulis karena tidak ingin besarnya manfaat pengetahuan MBTI kunikmati sendiri , kawan yang menyukai bisa googling materi MBTI tentunya tidak se-sempurna jika ada tarinernya.)


Mempelajari MBTI ( Myerr Brigs Type Indicator ) sebuah sarana mengetahui kepribadiaan seseorang sungguh membuatku menyadari bahwa setiap manusia adalah unique dan special.

Mengetahui berbagai kepribadian dengan kecenderungan masing-masing sangat membantu memahami orang lain. Training MBTI selama 2 hari , sangat refresh and enrich.


Menjadi tahu kecenderungan kawan sehingga meningkatkan toleransi kita , kawan extrovert suka dalam suasana bergaul dengan orang lain, berdiskusi adalah cara dia menyelasaikan masalah karena dia bertemu orang banyak sehingga proses berfikir dan konseptual semakin lancar. Jika lelah dia akan recharge dengan mencari kawan untuk sekedar berbicara atau mencari keramain lain dimana bisa bertemu orang banyak pub,mall atau fasilitas lainya.

Kawan Introvert suka dalam suasana menyendiri , menyendiri dalam kamar atau ruang kerja sendiri akan memperlancar proses berpikir dan konseptual , berdiskusi adalah hal yang melelahkannya menyerap banyak energinya, dan jika dia lelah dia akan recharge dengan diam menyendiri mungkin dikamar atau membaca sendiri dalam sepi. Tempat keramaian akan membuat dia lelah dan energi terserab habis. Bertemu orang menjadi beban dan hal yang tidak menyenangkan.


Dan banyak hal lain dipelajari dalam MBTI ini, MBTI kali ini diberikan seorang trainer yang terakriditasi oleh lembaga MBTI yang berbasis di AS. Bapak Gerry Kasih salah satu dari sedikit orang Indonesia yang memiliki akreditasi tersebut.

THERE IS MUST BE SOMETHING MEANING BENEATH TERRIBLE IRONY


Pepatah yang berbau bule memendam arti yang sangat dalam dan sufistik sangat mengesanku, sehingga pepatah ini menjadi kata terindah untuk kutulis dalam album kenangan wisudaku. Ya.,pahami sebagai " Pada saat situasi kita terjepit , merasa kecewa dan tidak terima, Tuhan menjanjikan sesuatu lebih baik dimasa yang akan datang" .Telah ku buktikan berkali-kali, terakhir --delapan bulan yang lalu menimpa seorang sahabat baik sebut saja Black, seorang kawan yang penuh potensi dalam pekerjaan dan memiliki attitude yang baik namun karena suatu hal tersudutkan oleh situasi yang memaksa dia harus di hentikan dari pekerjaannya, padahal semua kawan sekerja menilai dia perfect man at his job. Sedih - Frustasi dan kacau tidak menerima ketentuan Tuhan saat itu .Namun saya yakin dengan kata bijak diatas saya sampiakan padanya -- Tuhan menjajnjikan tempat lebih baik dibanding tempat kerja saat ini, yakin dan ikhlas. Beberapa kali tetep kontak via email dan beberapa bulan menghadapi masa sulit.
Namun terakhir bertemu dia di Juanda, si black nampak lain...semakin matang segalanya, dari kepribadian, wawasan dan finacial jauh lebih baik dari kondisi saat menjinjing koper dengan wajah tertunduk 8 bulan yang lalu. Kini aku gembira sekali menyaksikan lagi sahabatku Black dengan tatapan tegak dada membusung dengan senyum tanpa beban menuju apron garuda ( indikator kawan yang finacial does not matter anymore ), berpisah denganku aku berjalan menuju menunggu di apron Lion/wing penerbangan paling malam karena berharap tiket murah dimalam hari :).

Dan kejadian demi kejadian aku semakin meyakinkan aku pepatah diatas. Tuhan Maha Pengatur segalanya. Kesedihan suatu saat , bisa menjadi hal yang di syukuri disaat lain.

Untung aku di pecat...kalo tidak, bisa jadi aku membusuk dan stuck di sono selamanya...he...he... ( kalimat yang tak terucap namun kudengar dari denyar jantung si Black )

MEMANDANG ALAM KALIMANTAN DARI ATAS



Tiga tahun yang lalu melintas beberapa kali dan melihat bentang alam Kalimantan dari atas membuat aku sedih teriris , karena dari atas nampak jelas betapa hutan yang selama ini kita banggakan semakin habis. Disana-sini terpampang hamparan polos --gundul tanpa pohon, yang tampak hanya hamparan ilalang. Kalau aku boleh menaksir dari wilayah hutan kerusakan nyaris 40-45 %, hanya disepanjang lereng pegunugan meratus yang tampak masih terjaga keperawanannya. Wilayah tanah bumbu tampak bopeng-bopeng akibat penebangan hutan dan penambangan menambah miris.
Namun pemandangan berubah tatkala tiga tahun kemudian melintas lagi diatas wilayah yang dulu gundul dan bopeng, sekarang terlihat bak permadanai hijau dengan tanaman sawit yang menjanjikan hasil kepada petani pemilik plasma dan perusahaan. Gembira melihat tanah yang dulu terkesan tidak terolah dan siap berangsur-angsur menjadi gurun kini telah menghijau dengan tanaman produktif.
Namun sebuah perubahan selalu saja ada restriksi atau hambatan, baik dari LSM lingkungan yang dibiaya negara-negara maju,mereka menyebarkan isu bahwa perkebunan sawit di indomesia telah menggusur hutan alami , padahal yang terjadi sawit ditananm dilahan yang dulu kosong yang ditumbuhi ilalang --yang sempat membuat aku miris atau ilmuwan-ilmuwan yang bicara teori bahwa monokultur akan berdampak negatif. Kalau aku boleh juga berpikir apakah mereka lebih suka lahan menjadi tandus erosi karena tanpa tanaman pelindung selain ilalang dari pada sawit yang produktif. Jangankan negara ini memikirkan reboisasi untuk mengembangkan pertanian dan ekonomi rakyat saja kedodoran apalagi mengembalikan lahan hutan yang ditinggalkan gundul oleh para penjarah hutan. Sawit telah melakukan replantasi lahan kososng denga tanaman produktif.

Sekarang tinggal memilih saja ILALANG VS SAWIT, silakan berfikir.


13 March 2009

BURUNG PIPIT

Bergegas agak cepat kakiku melangkah pulang dari kantin karena senja sudah memerah memancarkan pendar lembut penuh romansa , dan senja jingga ini menjadi alarm-ku yang mengingatkan aku harus segera memacu GL butut itu menuju tempat praktekku yang sederhana. Tetapi entah tidak tahu kenapa mendekati kamp-ku kaki terasa berat dan kuhentikan sejenak untuk sekedar mencari tahu kenapa. Sesaat pancaindraku kulepas liar untuk menangkap apa gerangan yang menahan kakiku sehingga terasa berat.
Tertangkap oleh telingaku beraneka suara burung bercicit diatas pohon pinus sembari berloncatan saling mengejar. Desir lembut suara daun pinus yang dielus angin senja itu menambah Jantungku berdenyar semakin dalam-haru, napas semakin terasa dalam menyadari suara harmony alam ini sungguh luar biasa dan terabaikan olehku selama ini.

PIPIT SI MUNGIL

Mataku tertuju pada sekawan burung pipit yang sedang bertingkah mematuk dengan cepat entah biji atau pasir di bawah pinus besar didepanku. Logikaku berbicara tak mungkin ada biji sebanyak itu dibawah pinus yang berbatu. Dadaku tiba-tiba terasa berat dan mataku terasa berat haru tatkala bathinku membisikan satu paragraf penghayatan " Sekawan burung pipit makhluk penuh tawakal menyandarkan rezeki sepanjang hidup kepada Allah, menyandarkan secara total rezeki hari ini ,hari esok sepenuhnya kepada Allah , tanpa menimbun dan menabung makanan .Tatkala seharian hujan si pipit tidak sanggup beranjak terbang dan pipit menahan keinginan perut yang lapar , entah tidak tahu apakah selanjutnya si pipit berpuasa seharian, atau mematuki batu dibawah sarangnya untuk sekedar mengganjal perut.
Tanpa menumpuk pangan si pipit bisa hidup dan bernyanyi, ...lalu manusia??? menabung hari ini untuk kebutuhan setahun yang akan datang, untuk anaknya,untuk cucunya...dan untuk...untuk..., namun manusia tidak bisa menyanyikan lagu tawakal itu....sebagaimana nayanyian si pipit setiap sore hari
Tuhan bisakah aku seperti pipit itu..?????"
Terimakasih burung pipit yang mungil...senja ini kau memberi filosofi bermakna dalam hidup ini.
Ya Tuhan ...beri tawakal dan syukur pada diri ini...

09 March 2009

HEART START FR2+


Telah memilik Heart start Automatic external Defibrilator canggih ini sudah 2 tahun. Dan memang sejak awal pembelian alat ini aku dan tim medic PT IBT tidak berharap untuk menggunakannya. Sehingga setiap melakukan periodic maintenance kami bertanya dalam hati bagaimana cara menggunakannya, meskipun kami telah berlatih via video tutorial kami terus penasaran.
Dan minggu lalu ada rekan kerjaku mengalami nyeri dada kiri dan kami anggap sebagai angina. Aku khawatir angina berkembang menjadi Infarction Myocard , alat kami gunakan secara experimental. Memanfaatkan fitur EKG monitor yang menyatu pada alat ini aku pasang kedua lead, di bahu kanan dan dada kiri. Kemudian kami sambungkan conector ke AED FR 2+, alat langsung mendeteksi grafik EKG dan memunculkan kedalam layar monitor, menganalisa gambar dan memberikan instruksi secara jelas dan mudah dipahami. Melihat kemudahan ini memang tepat jika disebut bisa digunakan oleh orang awam terlatih.
Bukan bermaksud promosi alat seharga 52 juta ini , Heartstart FR2+ memang patut dimiliki oleh penyedia pelayanan kesehatan dan emergency respon di remote area, seperti wilayah kerjaku saat ini. Dalam seleksi karyawan kami sudah seketat mungkin menyaring karyawan yyang memiliki gangguan jantung, namun tamu - tamu perusahaan tidak bisa kami lakukan seleksi. Belum lagi konsultan profesional banyak yang telah lanjut usia sehingga gangguan jantung semakin menjadi resiko.
Dengan Heartstar FR2+ ini kami semakin tenang jika ada kegawatan jantung setiap saat diarea kerja.

08 March 2009

PERJALANAN DIRI DAN HATI


Gambar . Keindahan danau buatan PT IBT yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan air desa tatamekar, keindahan yang sering terabaikan. Dengan mata hati keindahan semakin menyapa kita dengan auranya.

Senja menyusuri pantai IBT, mungkin karena sudah sering melihat senja hal ini tampak biasa, namun sore ini tampak keindahan itu begitu nyata setelah kucoba melihat dengan mata hati. Keindahan yang sulit didapatkan seandainya aku tidak menetap disini.
Momen menikmati keindahan disenja hari seperti ini ,kini semakin sulit aku dapatkan karena sepulang kerja aku langsung menuju tempat praktekku di kampungbaru dan selesai sampai malam. Dan sore ini bersama kawanku -Budhi aku bersyukur bisa menyentuh kembali keindahan itu.

ADVENTURE , Jalur adventure ditengah kawasan sawit PT bumi Raya Investindo cukup menyulitkan kami karena jalan blok tampak serupa sehingga kami sempat beberapa lkali berputar-putar menemukan jalan keluar . Setelah sekian lama mencari jalan keluar tidak juga kami temukan sehingga kami memutuskan untuk kembali -- balik kucing dan mencari jalan keluar kawasan kebon . Meskipun tinggal balik kucing kami tetap kesulitan dan disorientasi , jalan blok yang kami lterlihat sama oleh kami , untung ada pekerja sawit sehingga kita bisa ditunjukan jalan keluar.

Singgah di Mekarputih airstrip, senja hari memancarkan pendar keindahan , meskipun sudah sering simpang-siur di airstrip ini namun baru kali ini kami menikmati suasana disenja hari.
Awan bergulung lembut menampakan diri di ujung runway , mentari menatap lembut membaluri tubuh dengan kehangatan sore.
Sekedar mencari kesenangan memacu si Butut GL mencabik landasan pacu , meski diiringi khawatir baut lepas semua si Butu sempat menyentuh 100 km/jam, not bad for a second hand toys.. he..he

07 March 2009

DRILL EMERGENCY RESPONSE PLAN ( ERP)

Beberapa waktu lalu berpartisipasi dalam drill accident , fire drill dan medevac yang di lakukan oleh PT Punj Loyd sub.cont PT Shell dan beberapa sub cont. lain seperti PT EPTCO dan BBB , secara umum pelaksanaan drill berjalan lancar , dengan skenario terjadi kecelakaan dengan korban cedera kepala dan patah tulang.
Selama pelaksanaan drill tedengar suara sirine yang menandakan semua pekerja harus berkumpul di muster /asembly point dengan koordinator masing-masing supervisor. Setelah semua berkumpul supervisor mengidentifikasi seluruh anak buah apakah ada yang belum berkumpul dalam muster point, dan jika belum supervisor bertugas untuk mencari. Setelah semua terkumpul supervisor mengidentifikasi apakah ditemukan korban yang memerlukan pertolongan medis atau tidak.
gbr. Evacuasi Medis Menuju Klinik PT. Indonesia bulk Terminal

Medic IBT dimana aku bertanggungjawab dalam pelyanan medis dan emergency sejak awal memberikan komitmen siap membantu jika diperlukan team evacuasi. Dalam drill ini kami memberikan support satu paramedic dan ambulance untuk menjawab panggilan emergency ini.

Melihat pentingnya pelaksanaan drill ini dalam menghadapi kejadian kecelakaan yang sebenarnya dan belajar dari kelancaran pelaksaan drill ini , PT Indonesia Bulk Terminal segera menyusul dengan pelaksanaan drill ERP yang baru terbentuk diresmikan.

06 March 2009

PEMBENTUKAN LKS BIPARTIT

Lembaga Kerja Sama bipartite, dibentuk sebagai bentut keseriusan pengusaha mengakomodasi kepentingan kesejahteraan karyawan dengan baik sesuai kebutuhan, dan berusaha memberi jembatan terhadap berbagai permasalahan yang muncul dalam hubungan persengketaan dengan tenaga kerja.

LKS Bipartit diharapkan bisa menjadi katalisator yang membuat roda hubungan pengusaha dan pekerja bereaksi secara lancar. Ibarat mesin LKS ini sebagai grease atau oli sehingga roda gigi pekerja dan pengusaha bersingungan tanpa menimbulkan gesekan.

LKS BIPARTITE PT INDONESIA BULK TERMINAL TERBENTUK HARI INI

Lembaga yang bertujuan mulia ini terbentu siang ini dan aku diberi kehormatan menjadi salah satu angotanya mewakili bagian pengusaha/manajemen. Bersama kawan lain semoga segala kepentingan pengusaha dan pekerja bisa terakomodasi dengan baik.
Keberadaan LKS Bipartit ini jika berfungsi baik akan menjadi penghubung jika antara sarikat pekerja dengan perusahaan sering mengalami dead lock karena pada umumnya masing-masing mengedepankan kepentingan sendiri. Dalam LKS bipartite kedua kepentingan dibicarakan untuk disetimbangkan.

04 March 2009

KEMANA ANGGARAN ITU

[Pulau Laut barat ; Lontar - Kotabaru] Minggu lalu pasien rutinku datang, seorang tokoh pemuda desa yang dekat dengan para tetua kampung baru - pulau laut barat dan menyampaikan beberapa isu tanpa aku meminta. Satu isu tentang pengadaan gedung sekolah SMP Negeri yang di dirikan di Kmapung baru membuatku heran dan menimbulkan prasangka buruk kepada para pelaksana proyek.
Pasalnya pejabat terkait terkesan mengancam bahwa jika tidak tersedia lahan untuk pembangunan secara gratis maka pembangunan akan di batalkan bahkan bisa dipindah di tempat lain. Padahal keberadaan gedung sekolah SMP yang dijanjikan untuk dibangun sudah lama didambakan. Entah karena takut proyek ini akan lepas dari kampung mereka maka seorang tetua kampung " rela " lahanya diberikan untuk rencana pembangunan ini.
DINAS PENDIDIKAN MENCARI LAHAN GRATIS

Telah di sampaikan beberpa bulan lalu agar disediakan lahan gratis untuk pembangunan SMP baru, karena tidak ada anggaran untuk pembelian lahan proyek. [??????]
Seorang warga tidak bersedia memberikan lahannya lokasinya strategis yang dekat dengan komplek SD setempat. Tidak bersedia memberikan tanah karena si empunya lahan tidak percaya proyek pengadaan gedung tanpa anggaran lahan. Harga rata-rata per meter persegi lahan berkisar 30.000 - 50.000 rupiah. Mungkin karena nilainya yang cukup tinggi ini si empunya enggan memberikan secara gratis.

TIDAK ANGGARAN PENGADAAN LAHAN ??????
Aneh memang jika ini benar, pengadaan gedung sekolah tanpa ada anggaran pengadaan lahan. Tetapi di beberapa daerah Kalimantan yang pernah aku kunjungi memang kejadian seperti ini sering terjadi. Penentuan lokasi proyek baik itu pasar, sekolah dan bangunan umum sungguh tidak strategis , karena pelaksana proyel/ dinas terkait selalu mencari lahan yang sangat murah walaupun jauh dari pemukiman. Beberapa sekolah,pasar dan bangunan pemerintah lainya tampak terbengkalai tidak terpakai sejak didirikan hingga rusak tidak pernah di pakai.
Penghematan pengadaan lahan menyebabkan pemanfaatan pembangunan fasilitas tidak memenuhi sasaran. Apakah kebiasaan ini akan di teruskan......??? terus menghambur keuangan negara untuk sesuatu yang tidak dimanfaatkan ???Atau kita masih terus menyunat anggaran proyek??? Monggo KPK melakukan pemeriksaan.....

03 March 2009

CAMP VISIT & SURAT CINTA DARI ANAKKU

MENGENALKAN ADVENTURE


Dua minggu berlibur di site camp Zaza tampak begitu menikmati saat kebersamaan bersamaku, sabtu dan minggu aku habiskan untuk mengendarai GL butut itu ,Si GL kami genjot bertiga menelusuri jalan-jalan yang belum pernah kami lewati.

Sepanjang perjalanan aku dan istriku diliputi kekhawatiran janagan-jangan si GL butut ngambeg karena jalan off road yang kami lewati cukup sulit dan berbatu, belum lagi kalau bocor gimana???

Rasa khawatirku masih kalah dengan kuatnya keinginan kami memberikan pengalaman baru buat putri kami , adventure. Tampak Zaza begitu gembira setengah takut saat aku arahkan roda GL memasuki jalan -jalan becek dan bersemak. Sesekali bernyanyi dan menambah beberapa vocabulary Inggris ketika menemui hal baru.


AWAL ZAZA BISA MEMBACA


Sejak 3 tahun zaza mulai mengenal beberapa huruf dan tampak sekali di ingin bisa membaca, setiap kami membaca buku atau koran dia merebutnya dan bergaya membaca huruf satu-persatu meskipun hanya Headline atau judulnya saja. Kami selalu tertawa melihat gayanya kaki satu ditopangkan disatu lutut lain sambil bergaya membaca keras-keras.

Dan keinginan kerasnya untuk bisa membaca baru tercapai Desemeber 2008 saat di banjarbaru, dan sejak itu di membaca semua tulisan meski terbata-bata.


MENULIS SURAT CINTA


Seiring dia bisa membaca meski "grathul-grathul" dia otomatis bisa menulis karena sejak 3 tahun dia juga menulis huruf yang dia kenal. Dia menulis surat cinta buatku menggunakan Laptop meskipun hurufnya menyatu tanpa spasi, .... Surat dibawah ini akan menjadi prasasti awal dia bisa mengungkapkan perasaan dengan tulisan.


Buat Papat tercinta I love you untuk papa yang tercinta tulisan ini untuk papa yang buat zaza dan mama bersama sama .papa selamat bekerja papa biar bisa beli piano papa kalau sselamat praktek semoga uangnya banyak sekali amin.zaza tidak melupakanpapa yang tercitabuwatpapa……( january 09)

Surat ini ditulis pada malam hari sebelum hari kepulangannya, setelah sore setelah makan di kantin duduk berdua saja di tangga camp kami membuat kesepakatan yang isinya meskipun kami berpisah namun kami memastikan masih tetap saling menyayangi dan selalu ingat dan mendoakan setiap sebelum tidur. Setelah sepakat kami berpelukan. [end]

01 March 2009

Sepuluh Unsur Kepribadian Billionaire

Minggu ini aku mendapat kiriman artikel dari Prudential, tempat aku mempercayakan sebagian danaku di Equity , berikut aku berbagi :
Minggu lalu saya berada di New York City, tepatnya Manhattan, yang jaraknya kurang lebih 2500 mil dari kediaman saya di San Francisco Bay Area. Seorang "mogul" alias pengusaha kelas kakap yang berteman dekat dengan Donald Trump memanggil saya untuk membantunya dalam mendirikan divisi baru institusi pendidikannya yang sudah mendunia. Sebutlah namanya Mr. JC. Sebagai seorang konsultan yang sering mendengar nama Mr. JC ini disebut-sebut, tentu saja saya sangat girang ketika dikontak oleh asistennya untuk mengunjungi Si Mogul ini untuk business meeting. Dengan harap-harap cemas saya mempersiapkan segala sesuatunya agar presentasi saya nanti tidak memalukan.
Namanya saja berbisnis dengan seorang pengusaha kelas kakap. Siapalah saya ini di matanya. Ternyata, di luar dugaan saya, Mr. JC sangat ramah dan informal. Kecerdasannya tampak jelas dari "being comfortable in his own skin." Ia sangat nyaman dengan dirinya sendiri, tidak ada unsur intimidasi maupun berusaha tampak lebih cerdik daripada lawan bicaranya. Sungguh saya sangat terkesan. Selama kurang lebih 6 jam perjalanan pulang di pesawat, saya banyak merenungkan pertemuan ini, terutama mengenai kepribadian Mr. JC yang sangat menawan. Otak saya yang gemar melakukan studi komparasi kembali bekerja. Satu per satu wajah orang-orang sukses muncul di benak saya. Wah, ternyata banyak sekali kemiripan sifat dan perilaku mereka dengan Mr. JC, yang tampaknya sangat bertolak belakang dengan sifat-sifat dan perilaku mereka yang kurang berhasil.
Sepuluh unsur kepribadian seorang billionaire yang saya sarikan berdasarkan komunikasi dan pergaulan pribadi dengan para billionaies dan beberapa pengusaha sukses adalah sebagai berikut:
  • Satu keberanian untuk berinisiatif.

Di sinilah letak keunikan utama pengusaha kelas kakap dunia. Mereka selalu punya ide-ide jenial. Sebagai contoh, lihat saja si Raja Real Estate, kebangkitannya dari bangkrut beberapa tahun yang lalu sekarang sudah membuahkan lebih dari sekedar kerajaan properti belaka. Ada boneka Donald, ada seri TV The Apprentice, ada online university TrumpUniversity.com, bahkan ada t-shirt "You're Fired" dan buku-buku best-sellernya. Semua berangkat dari inisiatif belaka, yang bisa kita pelajari dan tiru.

  • Dua tepat waktu.

Selalu menepati janji dan tepat waktu karena ini adalah bukti kemampuan memanage sesuatu yang paling terbatas di dalam hidup kita, yaitu waktu. Kemampuan untuk hadir sesuai janji adalah kunci dari semua keberhasilan, terutama keberhasilan berbisnis. Respek terhadap waktu merupakan pencerminan dari respek terhadap diri sendiri dan partner bisnis.

  • Tiga senang melayani dan memberi.

Seorang billionaire pasti mempunyai kepribadian sebagai pemimpin dan seorang pemimpin adalah pelayan dan pemberi. The more you give to others, the more respect you get in return. Syukur-syukur kalau ada karma baik sehingga mendapat kebaikan juga dari orang lain. Paling tidak dengan memberi dan melayani, kita sudah menunjukkan kepada dunia betapa berlimpahnya kita. Alam bawah sadar kita akan terus membentuk blue print sukses berdasarkan kemampuan memberi ini.

  • Empat membuka diri terlebih dahulu.

Pernah Anda bertemu orang yang selalu mau bertanya soal hal-hal pribadi tentang orang lain namun tidak pernah mau membuka diri? Mereka biasanya hidup dalam ketakutan dan kecurigaan, yang pasti mereka akan sangat sulit untuk mencapai kesuksesan karena dua hal ini adalah lawan dari unsur-unsur yang membangun sukses. Rasa percaya dan kebesaran hati untuk membuka diri terhadap lawan bicara merupakan cermin bahwa kita nyaman dengan diri sendiri, lantas tidak ada yang perlu ditutupi, sesuatu yang dicari oleh para partner bisnis sejati. (Siapa yang mau bekerja sama dengan orang yang misterius?)

  • Lima senang bekerja sama dan membina hubungan baik dengan para partner bisnis.

Teamwork jelas adalah salah satu kunci keberhasilan utama. Donald Trump dan Martha Stewart pun mempunyai tim-tim mereka yang sangat loyal sehingga mereka bisa mencapai sukses luar biasa. "No man is an island," kita semua perlu membangun network kerja yang baik, sehingga jalan menuju sukses semakin terbuka lebar.

  • Enam senang mempelajari hal-hal baru.

Kembali kita mengambil contoh Pak Trump yang baru saja membuka online university. Apakah beliau adalah ahli pendidikan? Seorang profesor? Jelas tidak, namun dengan kegemarannya mencari hal-hal baru serta langsung mengaplikasikannya, maka dunia bisnis semakin terbuka luas baginya. Dunia bisnis baginya adalah tempat bermain yang luas dan tidak terbatas. Kuncinya hanya satu: senang belajar dan mencari hal- hal baru.

  • Tujuh jarang mengeluh, profesionalisme adalah yang paling utama.

Lance Armstrong pernah berkata, "There are two kinds of days: good days and great days." Hanya ada dua macam hari: hari yang baik dan hari yang sangat baik. Jangan sekali-kali mengeluh di dalam bisnis, walaupun suatu hari mungkin Anda akan jatuh dan gagal. Mengapa? Karena setiap kali gagal adalah kesempatan untuk belajar mengatasi kegagalan itu sendiri sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari. Hari di mana Anda gagal tetap adalah a good day (hari yang baik).

  • Delapan berani menanggung resiko.

Jelas, tanpa ini tidak ada kesempatan sama sekali untuk menuju sukses. Sebenarnya setiap hari kita menanggung resiko, walaupun tidak disadari penuh. Resiko hanyalah akan berakibat dua macam: be a good or a great day (lihat di atas). So, untuk apa takut? Kegagalan pun hanyalah kesempatan belajar untuk tidak mengulangi hal yang sama di kemudian hari kan?

  • Sembilan tidak menunjukkan kekhawatiran (berpikir positif setiap saat).

Berpikir positif adalah environment atau default state di mana keseluruhan eksistensi kita berada. Jika kita gunakan pikiran negatif sebagai default state, maka semua perbuatan kita akan berdasarkan ini (kekhawatiran atau cemas). Dengan pikiran positif, maka perbuatan kita akan didasarkan oleh getaran positif, sehingga hal positif akan semakin besar kemungkinannya.

  • Sepuluh "comfortable in their own skin" alias nyaman dengan diri sendiri tanpa perlu berusaha menutup-nutupi sesuatu maupun supaya tampak "lebih" dari lawan bicaranya.

Pernah bertemu dengan billionaire yang rendah diri alias tidak nyaman dengan diri mereka sendiri? Saya yakin tidak ada. Kenyamanan menjadi diri sendiri tidak perlu ditutup-tutupi supaya lawan bicara tidak tersinggung karena setiap orang mempunyai tempat tersendiri di dunia yang tidak bisa digantikan oleh orang lain. Saya adalah saya, mereka adalah mereka. Dengan menjadi diri saya sendiri, saya tidak akan mengusik keberadaan mereka. Jika mereka merasa tidak nyaman, itu bukan karena kepribadian saya, namun karena mindset yang berbeda dan kekurangmampuan mereka dalam mencapai kenyamanan dengan diri sendiri. Apakah Anda mempunyai kepribadian seorang billionaire? Hanya Anda yang bisa menjawab. Salam sukses, sampai bertemu di puncak gunung kesuksesan.[]

Sumber: Sepuluh Unsur Kepribadian Billionaire oleh Jennie S. Bev. Jennie S. Bev adalah konsultan, entrepreneur, penulis dan edukator berbasis di San Francisco Bay Area. Baca perjuangan dan prestasinya di JennieSBev.com. Kompleks Koperasi No.35 , Jl.Gatot Subroto (Sebelum PMI), Jakarta, DKI Jakarta 12780, INDONESIA

GELIAT PEREKONOMIAN PULAU LAUT BARAT

Sengaja minggu pagi memacu GL bututku pelan berharap udara pagi menampar lembut wajah dan kulitku , lepas semua beban. Kuarahkan roda ke area perkebunan plasma dan perkebunan rakyat. Gembira bercampur harap menyaksikan lahan yang sebelumnya terbengkelai sekarang sudah mulai ditumbuhi tanaman produktif yang di tanam warga setempat.
Berharap besar kebun bisa menghasilkan hasil yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan daya beli masyarakat yang telah sekian lama terhimpit dalam putaran roda kapitalisme.



Sembari menikmati pemandangan sejuk disebelah kiri tampak beberapa tempat tanaman akasia yang ditanam masyarakat , sebelahnya lagi hamparan luas tanaman karet berumur 3 tahun yang kira-kira 2 tahun lagi pohon karet ini sudah bisa membalas budi petani yang merawatnya, mengeluarkan tetesan getahnya sehingga petani bisa menggantungkan harapan padanya.
Kupacu lagi didepanku tampak pertanian dicoba untuk dibangkitkan, lahan sawit plasma sudah memberikan hasil kepada petani plasma.



Bicara sawit di Lontar tidak lepas dari pengelolaan hasil yang tidak transparan dari koperasi yang mengelolanya, petani tidak tahu hitungan berapa sawit yang dihasilkan kebunnya dan berapa bagian yang diguanakan untuk mencicil angsuran biaya produksi.
Petani pemilik hanya tahu setiap bulan maenerima hasil kisaran 150.000 - 200.000 per paket yang berisi 2 hektar lahan plasma.

Mengenai ketidaktransparan ini santer dibicarakan para pemilik, tetapi mereka tak tahu aspirasi harus disampaikan kemana.





Company Social Responsibility / ComDev

Manager baru seperti biasa darah baru, jiwa baru -- new soul , dan seperti biasa aku dan beberapa kawan selevel kroco mumet menyesuaikan gerakan manager membawa bola dan siap menerima umpan-umpan yang setengah matang yang kadang harus digoreng susah payah sebelum ditendang ke gawang.
Manager baruku  , dari awal sudah menyatakan kepeduliannya kepada CSR dan aku yang dibawah-nya harus full support. 24 Februari 09 lalu menghadiri pertemuan Expose CD Program se-Kab. Kotabaru yang diselenggarakan di tengah kebun sawit yang asri milik SMART diwilayah Kecamatan Serongga. Karena jarak yang cukup jauh dan belum tahu lokasi maka tim memutuskan menginap di Batulicin.

Gambar : Mobile Operating Theatre --CSR Adaro - IBT , Operasi Katarak Gratis di IBT site .

HOTEL BATULICIN - FRIENDSHIP




Hotel namanya, namun bagiku semacam losmen bertingkat dengan pengelolaan konvensional, awal masuk kita disambut dengan Lobby Hotel yang EKTROK -- Ekonomis Katrok, banner hotel Friendship terbuat dari styrofoam dibelakang resepsionis ditempel ditembok warna biru dengan backgroud tembok berwarna kuning - krem nampak sekali tidak match.

Dengan tarif arround 300 ribu aku sudah bisa menginap di Hotel JELITA banjarmasin dengan fasilitas yang jauh lebih baik.

MAKANAN DI RUMAH MAKAN ASIAN

Makan murah dengan cheff kualitas Hotel, berada di kota Batulicin aku merasa puas menikmati sajian ikan goreng lalapan di rumah Makan ini. Dengan harga seporsi berkisar 35.000 kita bisa puas menggoyang lidah. Tahu goreng isi sangat enak, beberapa butir sengaja aku bawakan sebagai buah tangan untu perawat yang membantuku, dia mengatakan tahu sangat enak dan baru kali ini bisa menikmati tahu seenak itu.

JALAN LONTAR KOTABARU

Semakin hancur jalan yang aku lewati, bahkan beberapa ruas jalan bisa saya pastikan 2-3 tahun lagi akan habis termakan oleh abrasi pantai. Kubangan lumpur hampir kita temui setiap berjalan 200 meter, dan lobang kecil menjadi menu wajib yang harus dilahap oleh Everest yang membawaku , meskipun shock breaker everest keluaran 2008 ini empuk namun badanku terasa lelah mengimbangi goncangan yang masih saja timbul.
Gambar : Kondisi jalan Lontar - kotabaru seperti kubangan kerbau.


WACANA KAWASAN KHUSUS EKONOMI MEKARPUTIH

Awal Februari, aku kebetulan di Wisma Tegal Arum Banjarbaru tune in TVRI Banjarmasin diselenggarakan talk show dengan tamu Bupati Kotabaru , membicarakan kawasan ekonomi khusus Kotabaru, senang sekali jika Mekarputih memang terealisasi sebagai kawasan ekonomi khusus , apalagi saat ini sudah berdiri beberapa perusahaan di kawasan ini. PT Indonesia bulk Terminal tempat aku mencari sesuap nasi, PT. SHELL yang sedang dalam tahap Konstruksi oleh PT Punj Loyd , PT. Bumi Raya Investindo yang dalam prospek tahun ini akan membangun CPO plant.
Fasilitas Private Air Strip Mekarputih Milik PT. Indonesia Bulk Terminal akan menjadi titik penguat pengembangan daerah ini mengingat hancurnya infrastrukstur Lontar - Kotabaru.

Mekarputih Airstrip memiliki fasilitas dan kualitas landasan yang lebih baik dibanding Bandara Udara Stagen Kotabaru, Ruang Tunggu yang cukup baik, dengan runway 1200 meter.


Gambar : Pelita Air IBT Regular Chartered Fligth


Namun yang menjadi tanya di hatiku, tanpa akses jalan yang bagus apakah kawasan ini bisa terealisasi??? Padahal Jalan adalah ibarat Urat Nadi perekonomian, jika urat nadi buruk maka perkembangan daerah pasti terhambat.