22 November 2008

BURGER DISEASES

[KOTABARU] Seorang pria muda umur 36-an tahun datang ke praktek malam ini dengan keluhan jari-jemari kedua tanganya mengalami luka yang tidak sembuh-sembuh, dan ini sudah berlangsung cukup lama 1 tahunan. Dan herannya yang mengalami luka hanya ujung-ujung jari saja, dan tidak menimbulkan sakit yang sangat. Dengan luka yang diderita ini dia mengeluh tidak bisa bekerja melaut secara normal, karena kalau terkena air asin sakit dan dia merasa ngeri karena beberapa bagian tulang jarinya nanmpak. Dia merasa ketakutan kalau sakitnya ini semakin parah dan tangan mengalami kecacatan yang mengakibatkan dia tidak bisa memegang.


Alhamdulillah selama aku menjalani dokter muda di rumah sakit pendidikan UNAIR- Dr. SOETOMO saya pernah mendapatkan kasus seperti ini, dan dijelaskan pada waktu itu oleh seorang ahli TKV (ThorakoKardio Vaskuler ), Prof. Puruhito , penyakit seperti yang aku hadapi ini dinamakan Burger disease , suatu penyakit akibat gangguan microsirculation sehingga aliran darah ke daerah akral-perifer mengalami gangguan sehingga jaringan hipoksia kekurangan nutrisi dan mati mengering (necrosis ). dan tidak jarang mengakibatkan auto amputasi pada ujung-ujung jari yang mengalami necrosisi . Penyakit ini biasa diderita oleh perokok yang sudah lama . Dan pengobatan penyakit ini adalah mengembalikan microsirkulasi.

11 comments:

  1. proses awal penyakit ini sering tdk dapat kita bedakan dengan kelainan sistemik lain, seperti adanya pitting oedem pada ekstremitas sangat susah kita nilai sbg gejala awal penyakit burger

    ReplyDelete
  2. Betul sekali,sulit di diagnosis secara dini, beruntung sekali kemarin selama DM saya berkesempatan melihat kasus penyakit ini jadi betul pepatah : Aku baca aku lupa, aku lihat aku ingat, dan aku lakukan aku bisa.

    ReplyDelete
  3. ulun salut dok...

    ReplyDelete
  4. salam kenal dok, suami saya menderita penyakit ini. apa penyakit ini tidak bisa disembuhkan?suami saya susah pernah menjalani operasi, tapi satu bulan belakangan ini, kakinya sakit lagi. terasa dingin dan ga bisa tidur setiap malam karena sakit yang tak tertahankan. saya sudah membawanya kedokter bedah, tapi nggak ada solusi, cuma dikasi obat penghilang rasa sakit yang nggak ada hasilnya setelah diminum (farpain). tolonglah dok, saya bingung kemana saya harus mengajak suami untuk berobat

    ReplyDelete
  5. Dear Nita, yang menjadi kerisauanmu telah ku-reply dipostingan Golden Tongue krn nita juga comment di postingan itu.semoga bisa membantu.

    salam kenal

    ReplyDelete
  6. dok .. di semrang juga ada kasus serupa , tetangga saya .
    Bahkan sangat parah ,telapak kaki sampai di amputasi , jari" tangan sudah terambputasi dengan sendirinya .. bagaimana sebenarnya cara menyembuhkan/meminimalisir nekrosisnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu -satunya jalan adalah re perfusi agar necrosis terhambat . Konsultasinya ke dokter ( cardiologist ) kardio vascular .

      Delete
  7. Siang dokter,,
    dok, tante saya punya penyakit aneh...
    awalnya dua kakinya berwarna merah seperti kena air panas,lalu berubah lagi jadi biru dan sekarang warnanya hitam seperti terbakar (gosong).
    kakinya itu jg keras seperti kayu, dan sekarang dagingnya mulai rontok sedikit demi sedikit.
    prosesnya cepat sekali dok,ga sampai sebulan bagian betisnya sudah tidak berdaging.
    menurut yg merawat, waktu mereka periksa kakinya pagi hari masih ada daging di betis, tapi sorenya mereka periksa lagi, dagimg yg dibetis itu udah ga ada dan serpihan2/sisa2 dari daging yg hilang itu jg ga ada (jd seperti hilang/dimakan sesuatu -mungkin sejenis bakteri atau kutu- bukannya rontok/copot).
    sekarang sudah hampir dua bulan tante saya mengalami penyakit tersebut, dan sudah sampai ke paha.
    kakinya juga mengeluarkan bau busuk.
    menurut dokter ini penyakit diabetes, tapi ternyata bukan, dan sampai sekarang keluarga belum mengetahui jenis penyakit ini dan cara mengobati yg benar.
    mohon kiranya dokter mau berbagi soal jenis penyakit ini.
    thx

    ReplyDelete
  8. @nietha & @prayoga : apa sdh sembuh penyakit buerger disease nya?????? bs email sy di bagoes00731@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  9. Siang Dokter, Suami saya menderita buerger desease sudah 3 tahunan, pertama yang terkena jari manis kaki kiri, saat ini luka sudah kering, tetapi timbul luka berat lagi di jari telunjuk kaki kanan, sekarang sudah menjalar ke jari tengahnya. dari luar tampak mengering seperti kayu tetapi nyatanya dalamnya seperti membusuk. Sakit nya masih henat dari mulai paha hingga ujung jari terasa ngilu katanya. Sulit sekali untuk berhenti merokok karena dengan merokok perhatian sakit jadi teralih. bagaimana ya dok, saya sudah bingung ke dokter mana lagi :(
    *saya Feni Jakarta ; pedi_sila@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Feny , Di Jakarta banyak ahli di RSCM dibagian TKV ( Thorako Kardio vascular ) .

      Delete